Manfaat Refugia bagi tanaman budidaya

Manfaat Refugia bagi tanaman budidaya

Tanaman Refugia
Apa yang dimaksud dengan Refugia dan apa manfaat tanaman refugia? secara singkat pengertian Refugia adalah tanaman atau tumbuhan yang mengundang dan menyediakan makanan ataupun tempat tinggal (Mikrohabitat) bagi musuh alami seperti predator dan parasitoid dengan tujuan bisa mengendalikan OPT secara alami pada tanaman budidaya.

Akhir-akhir ini tanaman refugia sering dianjurkan dalam ilmu PHT dengan tujuan mengendalikan OPT secara alami dikarenakan akan menjaga kelestarian agrosistem dilahan budidaya seperti masih tersedianya musuh alami.

Manfaat tanaman Refugia

Berdasarkan dari berbagai sumber dan pengalaman oleh para petani blog sampul pertanian akan mencoba merangkum apa saja manfaat dari tanaman refugia ini, adapun manfaat dari tanaman refugia bagi tanaman budidaya adalah sebagai berikut,
  1. Mengundang musuh alami seperti capung, laba-laba, lebah, dll
  2. Menyediakan tepungsari sebagai makanan alternatif bagi predator
  3. Sebagai mikrohabitat predator dan parasitoid
  4. Mempercantik lahan pertanian karena mempunyai warna bunga yang mencolok
  5. Pemanfaatan pematang dengan maksimal
  6. Melestarikan lingkungan

Syarat tanaman refugia

Apa semua tanaman bisa dijadikan tanaman refugia? tidak semua tanaman bisa dijadikan tanaman refugia, untuk mengetahui hal tersebut ada beberapa syarat yang bisa diketahui jika tanaman tersebut bisa atau tidanya dijadikan tanaman refugia, adapun syarat sebagai tanaman refugia adalah sebagai berikut,
  1. Mempunyai warna bunga yang mencolok seperti kuning, ungu, merah, dll
  2. Mempunyai aroma pemikat bagi musuh alami
  3. Regenerasi tanaman cepat dan berkelanjutan
  4. Cocok dijadikan tanaman multiple crop

Contoh tanaman refugia

1. Tanaman Hias sebagai refugia
Tanaman hias yang tergolong refugia contohnya adalah Bunga matahari (Helianthus annuus), Kenikir (Cosmos caudatus) dan bunga kertas zinnia (Zinnia peruviana), (Zinnia acerosa), (Zinnia bicolor), (Zinnia grandiflora), (Zinnia elegans).

2. Refugia tumbuhan gulma
Mungkin kita sedikit kesal jika pematang sangat banyak ditumbuhi gulma, taernyata ada beberapa gulma yang sangat berguna sebagai refugia seperti gulma Babadotan (Ageratum conyzoides), Ajeran (Bidens pilosa L.), legetan (Synedrella nodiflora),pegagan (Centella asiatica), rumput setaria (Setaria sp.) dan Bunga tahi ayam (Tagetes erecta).

3. Tanaman Budidaya sebagai refugia
Tanaman budidaya seperti jagung (Zea mays), kacang panjang (Vigna unguiculata ssp. sesquipedalis) dan bayam (Amaranthus spp.).
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments