-->
Pengertian Refugia, Tanaman pengendali OPT secara alami

Pengertian Refugia, Tanaman pengendali OPT secara alami

Refugia

Refugia adalah berbagai jenis tumbuhan atau tanaman yang dapat mengundang dan menyediakan musuh alami seperti predator dan parasitoid sebagai mikrohabitanya dengan harapan bisa mengendalikan OPT secara alami.


Pengertian Refugia menurut para ahli : Sedangkan menurut para ahli definisi dari tanaman refugia adalah pertanaman beberapa jenis tumbuhan yang dapat menyediakan tempat perlindungan, sumber pakan atau sumberdaya yang lain bagi musuh alami seperti predator dan parasitoid ((Nentwig, 1998; Wratten et al., 1998).

Baca Juga : Manfaat Refugia bagi tanaman budidaya

Tanaman refugia akhir-akhir ini sedang menjadi viral di media sosial dikarenakan tanaman ini ditanam dipinggiran atau pematang lahan pertanian yang menjadikan lahan pertanian menjadi tampak lebih instagramable sehingga sering dijadikan tempat selfie.

Ternyata selain memberikan kesan indah pada lahan pertanian, tanaman ini mempunyai manfaat lain yakni sebagai tanaman yang bisa mengendalikan serangan OPT secara alami, hal ini sangat dianjurkan karena akan tetap menjaga kelestarian agrosistem dilahan pertanian.

Ada beberapa tanaman atau tumbuhan yang tergolong refugia, adapun golongan tanaman tersebut adalah sebagai berikut,

1. Tanaman Hias sebagai refugia

Tanaman hias yang tergolong refugia contohnya adalah Bunga matahari (Helianthus annuus), Kenikir (Cosmos caudatus) dan bunga kertas zinnia (Zinnia peruviana), (Zinnia acerosa), (Zinnia bicolor), (Zinnia grandiflora), (Zinnia elegans).

2. Refugia tumbuhan gulma

Mungkin kita sedikit kesal jika pematang sangat banyak ditumbuhi gulma, taernyata ada beberapa gulma yang sangat berguna sebagai refugia seperti gulma Babadotan (Ageratum conyzoides), Ajeran (Bidens pilosa L.), legetan (Synedrella nodiflora),pegagan (Centella asiatica), rumput setaria (Setaria sp.) dan Bunga tahi ayam (Tagetes erecta).

3. Tanaman Budidaya sebagai refugia

Tanaman budidaya seperti jagung (Zea mays), kacang panjang (Vigna unguiculata ssp. sesquipedalis) dan bayam (Amaranthus spp.).

Demikian artikel singkat tentang definisi pengertian refugia, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa memberikan pengetahuan terutama tentang refugia.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments