Manfaat dari Kunyit (Curcuma longa) yang belum diketahui

Manfaat dari Kunyit (Curcuma longa) yang belum diketahui

 Kunyit (Curcuma longa)

Apa saja manfaat kunyit? kali ini blog sampulpertanian akan membahas secara singkat tentang manfaat dari kunyit, Kunyit atau dalam bahasa latinnya Curcuma longa merupakan salahsatu tanaman rempah rempah yang banyak tersebar didataran asia tenggara termasuk di Indonesia.


Di Indonesia tanaman kunyit sering dijadikan sebagai bumbu dapur, obat tradisional, jamu ataupun dijadikan sebagai bahan utama untuk kecantikan. tanaman kunyit ini dipercaya mempunyai berbagai khasiat terutama untuk penyembuhan.

Bagian tanaman kunyit yang sering digunakan adalah umbi atau rimpangnya, menurut beberapa sumber kunyit bisa dijadikan sebagai anti septik dan anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendir pada mulut.

Cara mengkonsumsi kunyit ini dalam bentuk perasan yang disebut filtrat dengan sebelumnya dilakukan penghalusan rimpang dari kunyit, untuk obat luar kunyit bisa digunakan sebagai salep untuk mengobati bengkak dan terkilir. Kunyit juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat akbibat pilek, caranya dengan membakar rimpang kunyit dan kemudian menghirupnya.

Kandungan kimia pada kunyit

Kunyit memiki kandungan kimia yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, diantara bahan-bahan kimia yang terkandung didalamn umbi atau rimpang kunyit adalah sebagai berikut, Kurkumin  (terdiri dari kurkumin, 10% desmetoksikumin, dan 1-5% bisdesmetoksikurkumin ), minyak asitri ( turmeron, keton sesquiterpen, 60% tumeon, 25% zingiberen, sabinen, felandren, sineil, dan borneon ), 1-3% lemak, 3% Karbohidrat,  30% Protein, 8% Pati, 45-55% Vitamin C, serta garam-garam mineral ( zat besi, fosfor, kalsium).

Demikian artikel singkat yang membahas tentang manfaat dari kunyit, semoga artikel bisa bisa bermanfaat dan bisa memberikan pengetahuan, akhir kata salam pertanian.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments