Thursday, February 2, 2017

MUSUH ALAMI HAMA WERENG (Fulgoroidea)

Musuh alami merupakan hal terpenting dalam siklus rantai makanan, musuh alami juga sangat diperlukan dalam dunia pertanian yaitu untuk meng... thumbnail 1 summary

Musuh alami merupakan hal terpenting dalam siklus rantai makanan, musuh alami juga sangat diperlukan dalam dunia pertanian yaitu untuk mengendalikan jumlah populasi dari suatu hama. kali ini blog sampul pertanian akan membahas tentang musuh alami hama wereng (Fulgoroidea).

Musuh alami hama wereng (Fulgoroidea)
Hama wereng merupakan hama yang sangat ditakuti oleh para petani terutama petani yang bergerak dalam bidang budidaya tanaman padi, karena serangan hama wereng dapat mengakibatkan tanaman padi menjadi rusak fatal sehingga terjadinya gagal panen.

Oleh sebab itu cara pengendalian hama wereng menjadi prioritas yang utama, adapun cara pengendalian hama wereng dapat menggunakan pestisida nabati maupun pestisida kimia, namun khususnya dalam penggunaan pestisida kimi perlu adanya langkah bijak dalam penggunaannya, karena dikwatirkan binasanya semua makhluk hidup termasuk musuh alami yang ada didalam petak pesawahan.

Ada beberapa musuh alami untuk hama wereng diantaranya sebagai berikut,

Laba-laba (Lycosa)

Laba-laba merupakan salah satu musuh alami dari hama wereng, ada beberpa jenis laba-laba yang menjadi musuh alami diantaranya jenis Laba-laba Serigala (Lycosa pseudoanulata), Laba-laba Bermata Jalang (Oxyopes javanus) dan  Laba-laba Berahang Empat (Tetragnatha spp.), laba-laba aktif memangsa hama wereng pada siang hari, sasaran yang ditujunya yakni semua jenis wereng, menurut sebuah artikel laba-laba mampu memangsa hama wereng perharinya bisa sampai 8 ekor wereng. sedangkan pada malam hari laba-laba cenderung kurang akif.

Tomcat (Paederus)

Tomcat atau Paederus, merupakan jenis kumbang yang menjadi musuh alami dari hama wereng, jenis kumbang lainnya seperti jenis kumbang Ophionea nigrofasciata, Cyrtorhinus lividipennis, dan Microvellia douglasi atrolineata. sama halnya dengan laba-laba, tomcat pun menyerang hama wereng pada siang hari, menyelusuri tanaman hingga mendapatkan mangsa yang dia suka, semua ukuran wereng ia mangsa mulai dari telur sampai wereng dewasa.

Kumbang koksi/Kukuyaan (Coccinellidae)

Kumbang koksi atau kumbang kubah merupakan jenis musuh alami yang mamangsa semua jenis wereng seperti wereng coklat, wereng hijau, wereng punggung putih dan bisa memangsa larva dari hama penggerek batang, kumbang jenis ini menyerang pada siang dan sore hari dan aktif menyerang secara berkelompok.

Capung Jarum (Schnura heterosticta) 

Capung yang mempunyai ukuran ramping ini merupakan salah satu musuh alami dari hama wereng, serangan capung coklat meliputi telur, larva dan wereng dewasa namun capung jarum juga dapat memangsa jenis hama lainnya yang lebih kecil darinya, seperti ulat dan larva dari penggerek batang. capung jarum menyerang pada waktu pagi sampai sore hari, sedangkan pada malam capug jarum cenderung tidak aktif hanya berdiam diri.

Demikian beberapa jenis musuh alami untuk hama wereng, pada dasarnya musuh alami merupakan pengendalian yang sudah dirancang alam agar ekosistem tetap stabil, adapun ada jumlah ledakan hama, gunakanlah pengendalian secara bijak dan tepat guna dalam pemakaian pestisida, terutama penggunaan pestisida kimia.

2 comments

  1. Trimaksih telah memberikan masukan tentang musuh alami wereng

    ReplyDelete
  2. Trimaksih telah memberikan masukan tentang musuh alami wereng

    ReplyDelete