Thursday, October 20, 2016

Kumbang kubah (Mikrapis sp) si pemangsa wereng

Mikraspis sp (kukuyaan) Siapa yang tidak tahu kumbang kubah atau dalam bahasa sunda disebut kukuyaan, tampilannya yang cantik memiliki... thumbnail 1 summary
Mikraspis sp (kukuyaan)
Siapa yang tidak tahu kumbang kubah atau dalam bahasa sunda disebut kukuyaan, tampilannya yang cantik memiliki warna yang yang cerah dan berbentuk nyaris bulat ini adalah salah satu sahabat petani. kenapa disebut sahabat petani?

Kenapa kumbang kubah atau kukuyaan ini disebut sahabat petani karena serangga yang mempunyai nama ilmiah Mikraspi sp ini merupakan serangga yang aktif di waktu pagi hari sampai sore hari untuk mencari mangsanya, mangsa dari kumbang kubah ini adalah jenis kutu - kutuan salah satunya serangga wereng, 

Kumbang kubah baik masih berupa larva ataupun sudah menjadi kumbang kubah dewasa bisa memangsa telur, nimpa atau wereng dewasa sehingga serangga ini biasanya ditemui dedaunan pada padi. habitat dari kumbang kubah sendiri bisa ditemui dimana saja baik diperkebunan atau pun daerah pesawahan, baik daerah yang kering maupun didaerah yang basah. diperkebunan kumbang ini memangsa hama seperti kutu kebul.

Salah satu serangga dari ordo Coleptera atau serangga yang mempunyai 2 pasang sayap ini mempunyai ciri sebagai berikut :

Kepala

Kumbang kubah mempunyai kepala yang bulat dan di bagian kepala terdapat sepasang mata yang hitam, mulut dan sepasang antena. Menurut sebuah artikel kumbang kubah menggunakan sepasang antenanya untuk merasakan daerah sekitar dan pada mata dari kumbang kubah ini hanya bisa melihat perbedaan siang dan malam saja.

Pronotum

Pronotum berfungsi untuk melindungi kepala dari kumbang kubah dari pemangsanya. dengan ada pronotum ini kumbang kubah terlihat berbentuk bulat.

Elytra (pelindung sayap)

Elytra adalah sepasang sayap atau bisa disebut selubung, bentuknya yang kerasberfungsi untuk melindungi abdomen dan sepasang sayap lainnya. elytra ini yang membedakan kumbang kubah dangen jenis kumbang lainnya dikarenakan mempunyai warna yang menarik dan cantik.

Sayap

Sayap kumbang kubah sendiri terletak dibalik Elytra berfungsi untuk terbang berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.

Perut kumbang

Abdonem adalah bagian perut dari kumbang kubah yang mencakup sistem pencernaan dan sistem reproduksi

Kaki

Kumbang kubah mempunyai 3 (tiga) pasang kaki yang kecil, sepasang kaki di bagian depan berbentuk seperti sendok pada bagian bawahnya, bentuk dari kaki kumbang ini berbulu

sekian pemaparan tentang kumbang kubah atau kukuyaan ini, dengan melakukan pengendalian hama dan penggunaan pestisida yang bijak diharapkan musuh alami seperti kumbang kubah ini tetap hidup dan membantu petani dalam mengendalikan jumlah hama dilahan pertaniannya.

1 comment

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete