Thursday, October 13, 2016

Mengenal laba-laba (Phidippus sp) sebagai musuh alami

Phidippus sp Phidippus sp adalah laba laba pelompat atau sering disebut dengan jumping spider. Yang membedakan jenis laba laba ini d... thumbnail 1 summary
Phidippus sp
Phidippus sp adalah laba laba pelompat atau sering disebut dengan jumping spider. Yang membedakan jenis laba laba ini dengan jenis laba laba lain nya yaitu phidippus sp tidak mempunyai jaring untuk membuat jebakan mangsanya, melainkan laba laba pelompat menggunakan jaringnya untuk berlindung dari cuaca ataupun pemangsa dirinya , laba laba loncat jenis ini berburu mangsanya dengan meloncat dan menerkam secara langsung.


Laba laba pelompat ini dikategorikan sebagai predator alami atau musuh alami, dikarenakan sifatnya yang karnivora dan mampu memangsa jenis serangga serangga kecil bahkan bisa memangsa jenis serangga yang lebih besar dari bobot badannya. Sehingga membantu para petani menggendalikan hama yang menyerang tanaman budidayanya seperti wereng dan belalang.

Phidippus Sp memangsa belalang
Laba laba pelompat atau phidippus sp ini merupakan jenis pemburu yang aktif, dalam arti jenis laba laba ini berburu secara langsung kepada mangsanya tanpa menunggu atau pun membuat jebakan berupa jaring untuk menangkap mangsanya.  Dengan mengandalkan indra penglihatanya yang tajam laba laba pelompat ini mengikuti mangsanya dan menerkam kemudian dalam beberapa detik mangsa langsung bisa dilumpuhkan oleh racun yang disengatkan oleh laba laba pelompat ini.

Ciri yang membedakan laba laba pelompat ini dengan laba laba jenis lainnya bukan hanya terletak pada kemampuan mempunyai jaringnya, melainkan dari segi warna laba laba pelompat mempunyai warna yang coklat pada badannya dan mempunyai 2 (dua) pasang mata yang terdiri dari  mata anterior median dan mata posterior median. besar ukuran laba laba pelompat ini sekitar 1 samapai 22 milimeter.

Habitat laba laba pelompat atau phidippus sp ini dapat dijumpai dipegunungan, sawah atau bahkan dipadang pasir kecuali didaerah kutub.

Laba laba pelompat berkembangbiak dengan cara bertelur, telur telur laba laba diletakan didalam lipatan daun dengan dibentuk kelompok telur yang memanjang dan tertutup dengan jaring sutera laba laba pelompat. Rata rata telur laba laba jenis ini mampu menghasilkan 60 – 90 buah telur dan mampu bertahan hidup selama 2 – 4 bulan.

Laba laba pelompat biasanya bersembunyi di bawah daun atau pada lipatan daun untuk memangsa serangga serangga kecil seperti wereng dan mampu memangsa 2 sampai 8 ekor setiap harinya.

14 comments

  1. mantap bang info nya buat tugas sekolah . nice info thanks .

    ReplyDelete
  2. Klo digigit
    kejang2lah awak
    Ahahaaa.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung demam kali ya.. emangnya spiderman.hehehe

      Delete
  3. itu bisa di pelihara kaga gan? :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo mau boleh.. ukurannya cuma itungan mili gan :D

      Delete
  4. Disini ada gak gan jenis laba laba yang mengigit peter parker.

    ReplyDelete
  5. thanks gan soalnya sepupu aku lagi nyari tugas tentang laba2

    ReplyDelete
  6. nah, ini nih salah satu hewan yg menguntungkan, bisa bantu petani atasi hama

    ReplyDelete
  7. seumur hidup ane paling benci yang namanya laba laba gan, geli + takut di gigit

    ReplyDelete