Tuesday, November 15, 2016

AYEUH adalah rebah dan REBAH adalah ayeuh

Dalam istilah istilah dunia pertanian banyak sekali kamus bahasa pertanian yang dipakai di Indonesia, tidak terkecuali dipakai dalam bahas... thumbnail 1 summary

Dalam istilah istilah dunia pertanian banyak sekali kamus bahasa pertanian yang dipakai di Indonesia, tidak terkecuali dipakai dalam bahasa Sunda.



AYEUH adalah rebah dan REBAH adalah ayeuh | Sampul Pertanian
Istilah-isltilah dalam pertanian dipakai oleh para petani untuk memudahkan mereka dalam berkomunikasi. salah satunya istilah yang sering dipakai dalam dunia pertanian dibahasa sunda oleh para petani adalah istilah ayeuh. lalu apa itu arti dari istilah atau kata ayeuh iru sendiri?

Dari judul artikel nya AYEUH adalah rebah dan REBAH adalah ayeuh dapat diartikan sama dan yaitu suatu kondisi tanaman padi mengalami rebah atau roboh oleh hujan, angin ataupun hal hal yang lain. kata ayeuh sering digunakan petani jika tanaman padinya roboh dimusim penghujan dikarenakan hujan dan angin. ayeuh sendiri sangat merugikan petani, karena dapat menurunkan hasil yang didapat dari panen.

Ayeuh bisa juga disebabkan oleh tergenangnya petakan sawah karena banjir atau terbawa arus. namun kondisi ayeuh dapat dicegah dengan cara penanaman padi secara intensif atau secara bersungguh-sungguh dari faktor perlakuan seperti penanaman, pemupukan ataupun pengendalian.

Ayeuh terjadi biasanya di musim penghujan dengan curah hujan yang tinggi dan angin yang kencang. sehingga tanaman padi tidak bisa menahan batang dan daunnya yang mengakibatkan roboh atau patah pada batang tanaman.

Dalam beberapa kasus ayeuh juga bisa dikarenakan kekurangan unsur hara ataupun kelebihan Nitrogen (urea) sehingga batang padi menjadi rapuh dan mudah patah. sehingga perlu diadalah pemupukan yang berimbang dan tepat takaran.

Ayeuh dapat merugikan petani dikarenakan dapat menimbulkan penurunan hasil dan berimbas pada peekonomian petani. ayeuh merupaka sebuah bencana dalam dunia pertanian, dikarenakan bukan disebabkan faktor manusia melainkan faktor alam, terkecuali ada perlakuan dari manusia.

Ayeuh dapat disimpulkan sebagai dampak yang dihasilkan oleh hujan dan angin besar yang berpengaruh terhadap kondisi tanaman padi dipesawahan sehingga tanaman padi menjadi roboh atau rebah yang dapat merugikan petani dikarenakan hasil atau produksi yang didapat menurun dan berdampak pada kualitas gabah yang didapat. dan berefek pada penghasilan petani.

2 comments

  1. wah mantep nih gan .

    jadi paham saya :)

    ReplyDelete
  2. di sini juga padi teh banyak yang tiduran.. mungkin mereka lelah hihi...

    ReplyDelete