Tuesday, November 15, 2016

Penyebab terjadinya rebah atau ayeuh pada tanaman padi

Para petani dimusim penghujan wajib waspada, dikarenakan dimusim penghujan sering terjadi rebah atau robohnya tanaman padi, penyebab tanama... thumbnail 1 summary
Para petani dimusim penghujan wajib waspada, dikarenakan dimusim penghujan sering terjadi rebah atau robohnya tanaman padi, penyebab tanaman padi bisa rebah atau ayeuh dikarenakan beberapa faktor seperti faktor alam dan faktor teknis lingkungan.


Rebah atau ayeuh sering terjadi dikarenakan oleh faktor alam terutama dimusim penghujan, kesempatan kali ini blog sampul pertanian akan membahas beberapa penyebab umum kenapa tanaman padi bisa rebah atau ayeuh, untuk lebih jelas nya blog sampulpertanian merangkumnya sebagai berikut :

Penyebab tanaman padi rebah | Sampul Pertanian
1. Hujan deras

Hujan deras merupakan faktor alam yang menyebabkan tanaman padi bisa rebah atau ayeuh. dikarenakan hujan deras memberikan tekanan pada batang dan daun padi yang lebih dari pada biasanya.

2. Angin yang besar

Seperti hujan, angin sangat mempengaruhi terjadinya rebah pada tanaman padi, dianjurkan ntuk musim penghujan pemilihan varietas yang tidak terlalu tinggia atau jenis padi pendek.

3. Terlalu banyak menggunakan urea (N)

Banyaknya penggunaan urea dapat mempengaruhi kekerasan batang, sehingga dapat mempengaruhi terjadinya rebah pada tanaman padi. para petani akan merasa senang jika melihat hijaunya tanaman padi dikarenakan pemberian urea, namun selain mempunyai batang dan daun yang hijau, tanaman padipun mudah untuk patah dan serangan berupa OPT pun semakin bertambah.

4. Tidak menggunakan Organik

Penggunaan organik sangat diperlukan selain memperbaiki tekstur pada tanah dan perkembangan tanaman, nutrisi mikro pada bahan organik dapat membantu kekerasan batang tanaman padi. seperti contohnya Fe, Zn, Mn, Bo dan lain-lain yang tidak ada dalam penggunaan pupuk kimia biasa.

6. Tidak berimbangnya pemupukan

Tidak berimbangnya pemupukan, yang mempunyai kecenderungan berlebih terhadap pemupukan mengakitbatkan mudahnya batang padi rebah, dikarenakan overnya unsur makro yang dibutuhkan padi,

5. Jarak tanam terlalu rapat

Jarak tanam juga mempengaruhi terjadinya rebah, dikarenakan sirkulasi angin tidak mulus tertahan oleh rumpunan padi sehingga mempengaruhi terjadinya rebah atau ayeuh.

Dari sekian penyebab terjadinya rebah atau ayeuh pada tanaman padi, dapat disimpulkan, pada musim penghujan dianjurkan menanam padi dengan varietas yang mempunyai tinggi tanaman yang pendek, melakukan pemupukan berimbang, penggunaan organik dan memilih jarak tanam yang baik seperti legowo.

No comments

Post a Comment