Tuesday, November 15, 2016

Kerugian akibat tanaman padi rebah atau ayeuh

Ketika masa panen hampir tiba namun bertepatan dengan musim penghujan, situsi ini sangat dikhawatirkan oleh para petani, kenapa demikian,... thumbnail 1 summary

Ketika masa panen hampir tiba namun bertepatan dengan musim penghujan, situsi ini sangat dikhawatirkan oleh para petani, kenapa demikian,?



Kerugian akibat tanaman padi rebah atau ayeuh | Sampul Pertanian
Musim hujan dengan angin yang kencang sangat dikhawatirkan oleh petani dikarenakan ketika masa tanaman padi membutuhkan cahaya yang tinggi untuk membantu proses pematangan bulir, justru dilangit turun hujan hal ini dapat mengakibatkan melambatnya masa panen, tanaman akan hijau dan mengeluarkan daun muda kembali juga mempengaruhi dari bulir yang akan dihasilkan. selain masalah tadi ada kerugian lain jika masa panen bertepatan pada musim hujan yakni, permasalahan terjadinya rebah atau roboh pada tanaman padi. berikut kerugian diakibatkan terjadinya rebah atau ayeuh pada tanaman padi,

1. Tanaman padi akan roboh atau patah


Kerugian tanaman padi roboh adalah tanaman padi tidak akan mendapat suplai cahaya dan fotosistensis tidak maksimal, yang mengakibatkan daun dari tanaman padi akan menguning dan tidak sehat.

2. Membusuknya batang dan daun


Dikarenakan terganggunya proses fotosintesis dan kelembaban yang tinggi mengakibatkan kebusukan pada batang dan daun, hal ini mengakibatkan tanaman padi akan mati membusuk.

3. Bulir padi tidak maksimal


Terjadinya rebah atau ayeuh mengakibatkan robohnya batang tanaman padi, hal ini mempengaruhi suplai nuturisi yang menuju buah akan terlambat bahkan terhenti mengakibatkan bulir padi akan hampa atau hapa.

4. Kualitas beras akan menurun


Padi rebah atau ayeuh mengakibatkan menurunnya kualitas dari beras, beras tidak akan berwarna putih cerah melainkan berwarna kehitaman atau kekuningan, hal ini diakibatkan oleh kelembaban dari tanaman yang kurangnya mendapat suplay cahaya yang cukup. selain itu beras yang dihasilkan akan patah bila digiling.

5. Menurunkan produksi panen


Dilihaat kerugian - kerugian sebelumnya tentu akan berpengaruh terhadap produksi dari panen para petani, baik berupa rendemen beras ataupun jumlah produksi dari gabah yang dihasilkan.

Kerugian akibat tanaman padi rebah atau ayeuh membuat petani bisa merugi baik waktu ataupun uang. hal itu bisa diupayakan dengan Cara mencegah tanaman padi tidak rebah atau ayeuh pada musim hujan. sehingga para petani bisa mencegahnya dimusim yang akan datang dan mengurangi kerugian akibat tanaman padi rebah atau ayeuh.

No comments

Post a Comment