Monday, November 14, 2016

Cara mencegah tanaman padi tidak rebah atau ayeuh pada musim hujan

Rebah atau roboh, atau orang sunda sering menyebutnya dengan ayeuh, adalah salahsatu kondisi tanaman padi yang bisa merugikan petani, dika... thumbnail 1 summary

Rebah atau roboh, atau orang sunda sering menyebutnya dengan ayeuh, adalah salahsatu kondisi tanaman padi yang bisa merugikan petani, dikarenakan bisa menurunkan hasil produksi dan hasil beras nya pun cenderung buruk.

Banyak cara agar bisa mencegah terjadinya rebah atau roboh atau ayeuh ini, dalam beberapa kesempatan, blog sampulpertanian mencoba merangkum nya tentang cara mencegah tanaman padi tidak rebah atau ayeuh pada musim hujan sebagai berikut,

Mencegah tanaman padi tidak rebah

1. Pemilihan varietas benih padi unggul dan pendek


Langah pemilihan varietas benih padi sangat diperlukan oleh para petani dikarenakan dapat mempengaruhi terjadi rebah atau ayeuhnya tanaman padi. pemilihan varietas benih padi ini disesuaikan musim apa yang saat itu terjadi, biasanya rebah atau ayeuh akan terjadi pada musim penghujan, jadi para petani dianjurkan sebaiknya menggunakan varietas benih padi yang tidak terlalu tinggi, seperti varietas Mekongga.

2. Kurangi pemupukan dengan Urea (N) yang berlebihan


Pengeurangan penggunaan urea ini sangat berpengaruh pada daya tahan atau kekerasan pada batang padi, dilapangan terkadang petani akan merasa bangga atau senang jika tanaman padinya terlihat hijau sekali dikarenakan penggunakan urea. namun dalam hijaunya tanaman padi yang berlebih urea ini terdapat banyak masalah, salah satunya mudahnya untuk rebah pada tanaman padi.

3. Pemupukan berimbang dengan menggunakan NPK


Kita mengetahui pupuk NPK merupakan salah satu pupuk majemuk yang dikategorikan cukup lengkap, karena mengandung Urea  (N), SP36 (P) dan Kcl (K). dengan menggunaka NPK tanaman padi akan tercukupi nutrisinya sehingga tanaman padi akan lebih kuat dalam menopang batang dan malai disaat musim hujan.

4. Menggunakan pupuk berbahan Organik


Penggunaan pupuk berbahan organik sangat diperlukan tanaman, selain untuk pertumbuhan tanaman seperti akar, batang dan daun, kebutuhan nutrisi mikro yang terdapat pada bahan organik sangat dibutuhkan tanaman untuk memperkuat batang padi.

5. Gunakan metode jarak tanam legowo


Hal ini mungkin bisa dipraktekan, kami pernah mencoba dengan menggunakan jajar legowo, ternyata dengan menggunakan jajar legowo jumlah rumpun padi dapat meningkat sehingga membuat tanaman padi menjadi lebih kokoh jika ditiup angin.

Semoga tips dari blog sampul pertanian dapat membantu para petani, jika masih terjadi rebah atau ayeuh pada tanaman padi para petani, bisa jadi dikarenaka curah hujan dan angin ditempat atau disawah yang terlalu tinggi, sehingga tanaman padi tidak dapat menopang dirinya sendiri.

4 comments

  1. Keren gan artikelnya, bisa nambah pengetahuan seputar pertanian yang banyak orang ga tau nih, keren lah pokoknya

    ReplyDelete
  2. Oalah gitu. Ternyata padi yg rubuh sebelum panen itu juga termasuk masalah petani. Nice share.

    ReplyDelete
  3. keren bang, bisa dicoba nih buat sarjana pertanian,

    ReplyDelete