Sunday, November 13, 2016

Padi rebah atau ayeuh

Padi rebah adalah suatu kondisi pada tanaman padi dimana tidak kuat menopang batang, daun dan malai dari terpaan hujan atau angin sehingga... thumbnail 1 summary

Padi rebah adalah suatu kondisi pada tanaman padi dimana tidak kuat menopang batang, daun dan malai dari terpaan hujan atau angin sehingga batang padi menjadi patah dan tanaman roboh atau jatuh. 




Padi rebah dapat menyebabkan kerugian pada para petani dikarenakan tanaman padi yang sudah rebah akan membuat tanaman tidak akan tumbuh dengan baik, selain posisinya yang roboh tanaman pun tidak dapat mendapat sinar matahari secara utuh dan terjadi kelembaban yang berlebihan sehingga terjadi kebusukan pada tangkai dan daun tanaman padi

Padi rebah atau ayeuh | Sampul Pertanian
Banyaknya masalah yang diakibatkan dari rebahnya tanaman padi seperti kondisi rebahnya padi akan sangat merugikan petani jika tanaman padi yang rebah sedang dalam posisi sedang mengisi bulir padi, perkembangan bulir padi akan terganggu bahkan terhenti dan akan menyebabkan bulir padi akan hampa atau kosong, namun jika tanaman padi rebah sudah dalam posisi bulir sudah kuning dan siap untuk dipanen, rebah akan menyebabkan bulir padi yang kuning dan siap dipanen tadi menjadi berkecambah.

Selain kerugian-kerugian diatas yang diakibatkan oleh rebah atau ayeuhnya tanaman padi, masih ada lagi kerugian lainnya yaitu, akibat rebahnya tanaman padi mengakibkatkan menurunnya kualitas beras yang dihasilkan, beras akan berwarna kehitaman atau warna beras tidak putih cerah cenderung berwarna buram. diakibatkan busuknya malai tanaman padi yang mengalami kelembaban yang berlebih. selain warna beras yang tidak cerah. beras akan mudah patah jiga dilakukan penggilingan dikarenakan kadar air dalam beras yang belum memenuhi syarat untuk penggilingan.

Untuk mengetahui cara pencegahan agar tanaman padi tidak mudah rebah atau ayeuh, terlebih dahulu kita harus mengetahui penyebab tanaman padi mudah rebah atau ayeuh, Penyebab tanaman padi rebah atau roboh bermacam-macam, namun secara umum padi rebah disebabkan oleh faktor hujan dan angin yang besar, namun ada juga padi rebah diakibatkan oleh kurangnya nutrisi yang diserap oleh tanaman.

Cara mencegah tanaman padi agar tidak rebah atau roboh adalah dengan cara memilih varietas benih padi yang cocok ditanam pada musim penghujan atau cari varietas yang mempunyai tinggi tanaman yang tidak terlalu tinggi seperti, varietas Mokongga dan Inpari serta kurangi pemupukan dengan menggunaka urea yang berlebihan dan dianjurkan menggunakan pemupungan yang berimbang dan menggunakan pupuk NPK.

6 comments

  1. wah.....nice post gan.....siapa tau jadi petani besok...hehehehehe

    ReplyDelete
  2. Ane br tau tentang info padi thx infonya

    ReplyDelete
  3. woh jadi kalo lembab berlebihan itu bisa busuk toh, makasih infonya boy

    ReplyDelete
  4. wih petani yang blogging ni. Kunjungi blog saya gan. Http://informasidiary.blogspot.com

    ReplyDelete