Pompanisasi cara cepat mengatasi lahan kekeringan

Pompanisasi cara cepat mengatasi lahan kekeringan

Pompanisasi merupakan upaya dalam mengatasi atau mengantisipasi kekeringan pada lahan pertanian yang bisa mengakibatkan terjadinya gagal tanam ataupun terjadinya gagal panen. Pompanisasi ini sering dilakukan oleh para petani pada musim tanam bulan-bulan kering seperti kisaran bulan agustus sampai bulan september.

Pompanisasi
penanaman pada bulan-bulan tersebut sangat riskan sekali dilakukan dikarenakan debit air didalam tanah telah berkurang selain itu  jg debit air pada sungaipun terkadang kering total. langkah pompanisasi ini merupakan salahsatu cara untuk mengatasi hal-hal tersebut.

ada bebrapa cara yuntuk dilakukan pompanisasi ini, pada umumnya para petani melakukan pompanisasi pada aliran sungai dengan dilakukannya penyedotan dengan menggunakan poma, pompa diletakkan dipinggir sungai dengan tujuan penedotan tidak terlalu membebani mesin kemudian air yang disedot tadi melalui pipa langsung dialiri keptakan sawah atau lahan yang membutuhkan air.

sedangkan jika debit sungai kurang atau kering, petani bisa membuat sumur pantek atau masyarakat menyebutnya sumur bor, pompanisasi inimemerlukan dana lebih dikarenakan petani terlebih dahulu membuat sumur bor, harga sumur bor relatif tergantung letak dan kedalaman pembuatan sumur tersebut. pompanisasi dengan sumur pantek ini tidak berbeda dengan pompanisasi yang dilakukan disungai. pompa disimpan dipinggir sumur pantek kemudidan dilakukan penyedotan yang selanjutnya air dialiri ke petakan ataulahan yang membutuhkan air.

sumur pantek ini sering menimbulkan pro dan kontra dikalangan masyrakat, ada beberapa masyarakat berfikir dengan banyaknya yang menggunakan sumur pantek akan berpengaruh kepada debit air yang ada pada sumur-sumur dilingkungan tempat tinggal.

terlepas dari pro dan kontranya pompanisasi dengan pantek ini alangkah bijaknya kita semua bisa menmanfaatkan air sesuai kebutuhan, jangan membuang ataupun mensia-siakan air yang ada. demkian artikel akli ini tentang pompanisasi diharapkan bisa bermanfaat untuk kita semua, akhirkata terimakasih dan salam pertanian.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments