Mengenal siklus hidup Keong Mas (Pomacea canaliculata Lamarck)

Mengenal siklus hidup Keong Mas (Pomacea canaliculata Lamarck)

Telur Keong Mas

Kali ini Blog Sampul Pertanian akan sedikit mengulas tentang siklus hidup dari keong mas. Dikenal dengan nama latin Pomacea canaliculata Lamarck ini merupakan salahsatu hama yang sangat familiar untuk tanaman padi. Hama ini mulai menyerang tanaman padi yang masih berumur muda.


Serangan hama keong mas ini merusak atau bahkan menghabiskan tanaman padi muda tanpa sisa. Dalam beberapa artikel menyebutkan bahwa serangan yang ditimbulkan oleh hama keong mas ini dapat menghabiskan 1 petak sawah tanaman muda dalam waktu hanya 1 malam saja dan yang diserang tanaman padi yang masih berumur 1-15 HST.

Untuk itu kita perlu mempelajari siklus hidup keong mas, agar kita bisa mengetahui dan mencegah terjadinya serangan yang diakibatkan melonjaknya habitat dari keong mas tersebut. Agar lebih jelas berikut ini gambaran siklus dari keong mas.

Hama keong mas yang sudah dewasa akan meletakkan telur-telur mereka pada tempat-tempat yang tidak tergenang air atau ditempat yang kering. Ketika masa bertelur keong mas mulai bertelur pada malam hari dan biasanya telur mereka diletakan pada rumpun tanaman, tembok-tembok pengairan, tongkat kayu, atau rumput-rumputan liar.

Keong mas mempunyai telur yang berkelompok dengan warna cir khas merah jambu atau kita bisa melihatnya seperti buah murbei. Keong mas selama hidupnya mampu menghasilkan telur sebanyak15 sampai 20 kelompok kelompok, dengan tiap kelompok telur berjumlah kurang lebih 500 butir, dengan persentase penetasan pada telur lebih dari 85%. Jumlah ini cukup untuk menghabiskan 1 petak sawah dalam satu malam loh.

Keong mas membutuhkan waktu setiap fase telur sekitar 1 sampai 2 minggu, pada pertumbuhan awal membutuhkan waktu 2 sampai 4 minggu lalu keong mas siap kawin kembali pada umur 2 bulan. Keong mas dewasa berwarna kuning kemasan. Dalam satu kali siklus hidupnya memerlukan waktu antara 2 – 2,5 bulan. Keong mas dapat mencapai umur kurang lebih 3 tahun. Waktu yang cukup lama untuk sejenis hama tanaman padi.

Keong mas biasanya mudah ditemukan pada tempat seperti di kolam, rawa, sawah irigasi, saluran air dan areal yang selalu tergenang air yang tenang. Jika musim kemarau keong mas akan mengubur diri dalam tanah yang lembab selama itu juga keong mas akan berpuasa dan akan menyusut. Keong mas akan aktif kembali jika tanah sudah tergenang air.

Keunggulan Keong mas dari hama tanaman padi lain yakni keong mas bisa bertahan hidup pada lingkungan yang ekstrim sekaligus seperti air yang terpolusi atau kurang kandungan oksigen. Keong mas memakan beragam tumbuhan seperti ganggang, azola, rumput bebek, eceng gondok, bibit padi dan tumbuhan berdaun sukulen lainnya. Memilih bagian yang lunak dari tanaman muda, sebab keong mas makan dengan cara memakan permukaan tanaman dengan lidahnya yang kasar juga memakan bahan organik yang sedang berdekomposisi.

Sekian artikel singkat tentang siklus hidup keong mas atau Pomacea canaliculata Lamarck, semoga bisa menambah pengetahuan dan informasi terutama tentang keong mas. Akhir kata terima kasih sudah berkunjung diblog sampul pertanian.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments