Cara pengendalian Keong Mas tanpa Pestisida

Cara pengendalian Keong Mas tanpa Pestisida

Penggunaan Pestisida dewasa ini sudah mulai dikurangi dikarenakan dampak yang ditimbulkan cukup serius, mulai dari pencemaran tanah dan air sampai kepada efek kesehatan baik bagi petani maupun bagi konsumen yang menikmati hasil pertanian.

Keong Mas
Dalam hal ini kita dapat mengurangi pestisida secara bertahap, salahsatunya pada pengendalian hama keong mas. Pengendalian hama keong mas tanpa pestisida ini memang sangat diperlukan bagi para petani yang ingin mengurangi penggunaan pestisida secara bertahap.

Untuk pengendalian keong mas sebenarnya kita hanya harus berpedoman pada 4 prinsip dalam mengelola hama terpadu yaitu :
  • Budidaya tanaman yang sehat
  • Melestarikan dan memanfaatkan musuh alami di pertanaman
  • Melakukan pengamatan lahan pertanian secararutin
  • Petani sebagai ahli PHT dilahan pertaniannya.


Dari keempat pedoman diatas, kita dapat melakukan mengendalikan hama keong mas tanpa pestisida dengan cara sebagai berikut:

1. Mengumpulkan keong dan telurnya

Pengumpulan telur dan keong mas ini sangat efektif untuk pengendalian hama keong mas, selain dapat mengurangi populasi juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku terutama bahan untuk pembuatan MOL atau Mikro Organisme Lokal.

2. Membuat parit dipinggiran pematang

Pembuatan parit ini dimaksudkan agar hama keong dapat berkumpul dan tidak menggangu tanaman padi. Pembuatan parit ini bisa dilakukan disekeliling petakan dengan kedalaman 15-20cm.

3. Pengelolaan air yang intensif

Pengelolaan air ini sangat penting untuk pengendalian hama keong, dengan dilakukan pengairan secara intermiten atau berselang dapat mengurangi serangan hama keong. Hal ini sudah di uji coba dengan menggunakan pola tanam SRI atau System Rise Of Intesification.

4. Menyimpan Umpan.

Untuk penyimpanan umpan yang efektif adalah dengan cara terlebih dahulu membuat parit kemudian umpan bisa disebar disudut-sudut parit petakan sawah. Umpan yang digunakan biasanya menggunakan daun pepaya. Biasanya dalam satu malam keong mas akan banyak berkumpul kemudian bisa dilakukan pengumpulan.

5. Pemanfaatan Musuh alami

Musuh alami ini sangat dibutuhkan dikarenakan dengan pemanfaatannya dapat mengurangi populasi keong mas cukup drastis. Musuh alami hama keong mas adalah bebek. Dengan melepasnya kita dapat 2 keuntungan, selain sawah terbebas hama juga sekaligus memberi pakan ternak bebek.

Demikian artikel tentang cara pengendalian Keong Mas tanpa Pestisida, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa memberikan pengetahuan khususnya tentang pengendalian hama keong mas, terima kasih.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments