Peran Pemerintah dalam membantu para petani

Peran Pemerintah dalam membantu para petani

Petani
Pertanian memang salahsatu sektor yang sangat vital dinegri ini, banyak dinas, badan maupun departemen yang berhubungan dengan pertanian baik itu secara langsung maupun tidak langsung.


Untuk itu pemerintah sangat intens merespon segala kegiatan tentang pertanian, seperti contohnya pendistribusian subsidi pupuk, pestisida maupun penerimaan gabah oleh bulog.

Dari berbagai peran pemerintah terhadap sektor pertanian berikut ini blog sampul pertanian mencoba merangkumnya, adapun peran-peran yang telah dilakukan pemerinta

1. Memberikan Subsidi Pupuk

Langkah pemerintah membantu petani sangatlah nyata dengan diberikannya subsidi terhadap kebutuhan pokok pertanian seperti subsidi pupuk secara langsung dapat meringankan pengeluaran petani sehingga dalam biaya pembudidayaan bisa ditekan seminimal mungkin.

2. Memberikan Bantuan Sarana dan Prasarana Pertanian

Langkah ke 2 adalah pemerintah memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana pertanian, bantuan ini bisa berupa benih, pupuk, pestisida, alsintan (alat mesin pertanian) bahkan bisa berupa bangunan seperti lumbung padi dan tempat penggilingan padi (Huller).

3. Memberikan Program Pelatihan

Selanjutnya yakni memberikan program berupa pelatihan bagi para petani, peran pemerintah yang satu ini sering dilakukan karena dianggap penting. Tujuan dari program pelatihan ini adalah memberikan ilmu dan meningkatkan sumberdaya manusia khususnya untuk para petani. Seringkali program ini di isi oleh para ahli ataupun oleh para petani yang berpengalaman.

4. Memberikan Permodalan

Paran serta pemerintah dalam membantu pengembangan usaha para petani adalah dengan diberikannya permodalan. Permodalan ini ada yang bersifat pinjaman dengan bunga rendah ataupun permodalan dengan hibah atau tanpa pengembalian. Seperti saat ini, pemerintah memberikan modal kepada para petani dengan cara KUR atau kredit usaha rakyak melalui kartu tani.

5. Memberikan bantuan lainnya

Yang kelima adalah memberikan bantuan yang bersifat pengembangan. Seperti contohnya pemerintah memfasilitasi para petani memperoleh Perizinan, memberikan studi kasus ataupun memfasilitasi untuk pengembangan sumberdaya. Seperti contoh mengembangkan kawasan pangan lestari ataupun kawasan desa organik.

Demikian 5 peran aktif pemerintah dalam membantu para petani menurut versi blog sampul pertanian. Sebenarnya masih banyak lagi peran pemerintah dalam pengembangan dalam sektor pertanian.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments