Makanan berkarbohidrat tinggi selain nasi untuk teman diet anda

Makanan berkarbohidrat tinggi selain nasi untuk teman diet anda

Karbohidrat merupakan salahsatu zat gizi yang bisa diolah langsung menjadi energi bagi tubuh kita, berbeda halnya dengan zat gizi lainnya seperti protein dan lemak yang tidak serta merta diolah langsung menjadi energi dengan harus melalui proses-proses kimia lainnya terlebih dahulu.


Roti
Karbohidrat yang masuk kedalam tubuh kita akan diubah menjadi monosakarida, monosakarida inilah yang diserap oleh tubuh kita kedalam aliran darah, ketika zat monosakarida ini ada didalam aliran darah maka disebut dengan istilah gula darah atau glukosa, glukosa inilah yang akan menjadi energi bagi tubuh kita, lama proses tersebut bisa kurang dari 15 menit.

Karbohidrat ini didapat dari sumber makanan, dengan mengkonsumsi karbohidrat dengan serat yang tinggi kita akan merasa kenyang lebih lama dikarenakan untuk memprosesnya lebih lama karena sulit dicerna oleh tubuh kita.

Umumnya kita memperoleh karbohidrat dari nasi sebagai bahan pokok, namun tahu kah kamu, ada bahan makanan lain yang mempunyai kaya akan karbohidrat selain nasi bahkan ada yang bisa melebihi jumlah takaran karbohidrat didalam nasi. Berikut ini bahan makananan yang berkarbohidrat tinggi selain nasi.

1. Roti Gandum
Sama halnya beras, gandum juga merupakan keluarga serealia yang mempunyai karbohidrat dan serat yang tinggi, namun gandum ini bisa diproses menjadi roti, roti gandum ini mengandung serat mencapai 7 gram berbeda jika dibandingkan dengan roti putih hanya mengandung serat sebanyak 2,7 gram dalam takaran per 100gram. Sehigga roti gandum menjadi bahan makanan yang mempunyai karbohidrat yang tinggi serta roti gandum ini direkomendasikan untuk kamu yang sedang dalam program penurunan berat badan atau diet.

2. Kentang
Selanjutnya adalah kentang, kentang sudah kita kenal sebagai teman makan diresto-resto cepat saji sebagai pengganti nasi, Kentang ini memiliki kandungan pati resisten, sehingga bisa membantu kamu dalam program menurunkan berat badan. Untuk mengkonsumsi kentang lebih baik lagi jika kamu memakan kentang bersama dengan kulitnya, karena di dalam kulit kentang terkandung banyak serat yang bermanfaat untuk tubuh kamu. Selain itu, kentang juga kaya akan vitamin C dan kalium. Namun jika kamu dalam program diet jangan mencoba mengkonsumsi kentang dengan cara digoreng karena akan menambah asupan lemak, yang justru akan menggagalkan program diet kamu.

3. Oat / Oatmeal
Oatmeal selain mempunyai karbohidrat yang tinggi juga bisa dijadikan salahsatu menu makanan untuk kamu yang sedang program diet. Serat didalam oatmeal ini dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama, dengan demikian akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga dapat mengontrol kadar gula darah didalam tubuh kamu.

Demikian, 3 contoh Jenis makanan yang kaya akan karbohidrat selain nasi, mungkin kamu bisa mencobanya dirumah? Selain membuat kamu kenyang, bahan makanan tersebut juga bisa menemani kamu dalam berdiet. Selamat mencoba.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments