Manfaat Tanam Rumput Pinto (Arachis pintoi)

Manfaat Tanam Rumput Pinto (Arachis pintoi)

Sempat artikel sebelumnya membahas tentang apa itu rumput pinto dan klasifikasinya, sekarang blog sampul pertanian akan mencoba membahas tentang manfaat dari menanam rumput pinto atau dalam bahasa latin disebut Arachis pintoi ini.


Rumput Pinto (Arachis pintoi)
Arachis pintoi ini merupakan salahsatu tanaman dari keluarga legum, sama hal nya seperti tanaman kacang-kacangan yang lain yang mempunyai daun dan karakteristik tumbuh yang merambat namun ada yang berbeda untuk rumput pinto yakni tidak mempunyai mempunyai polong dalam jumlah banyak dan hanya mempunyai polong dalam satu pohon hanya 2-3 polong saja.

Namun keunggulan dari rumput pinto ini jika dibandingkan dengan tanaman kacang kacangan yang lain yakni terletak pada bunga nya, rumput pinto mampu berbunga sepanjang tahun dengan mempunyai warna yang kuning memberikan sensasi indah pada taman dan perkebunan anda, nah.. selain dari itu berikut ini manfaat lainnya dari menanam rumput pinto menurut versi blog sampul pertanian diantaranya.

Menghambat pertumbuhan gulma

Dengan tumbuh yang merambat dan rapat memberikan perlindungan pada permukaan tanah dari tumbuhnya gulma, gulma yang tumbuh akan terhambat dan bahkan tidak bisa tumbuh diareal tanaman rumput pinto.

Mencegah terjadinya erosi

Mempunyai akar yang cupuk rapat memberikan daya tahan terhadap tanah, dengan menanam rumput pinto mencegah terjadinya erosi.

Menyuburkan Tanah

Dengan menanam dapat membantu mengembalikan kesuburan tanah, dikarenakan sama halnya dengan jenis kacang-kacangan lainnya yang memiliki kemampuan untuk menambat nitrogen.

Sebagai makanan ternak

Rumput pinto atau (Arachis pintoi) inipun menurut beberapa artikel baik untuk dijadikan pakan ternak.

Sebagai tanaman penutup tanah (groundcover)

Ini merupakan fungsi utama jika menanam rumput pinto, dengan ditanam diareal taman atau kebun akan memberikan keindahan dan juga berfungsi sebagai penghambat tumbuhnya gulma.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments