Membuat Perangsang Bunga dan Buah dari bahan Organik

Membuat Perangsang Bunga dan Buah dari bahan Organik

Zat perangsang bunga dan buah mudah kita jumpai dikios kios pertanian, namun kenapa kita tidak mencoba untuk membuatnya sendiri, terlebih bahan yang digunakan adalah bahan organik.


Membuat perangsang bunga dan buah
Zat perangsang ini sangat dibutuhkan oleh tanaman, selain memberikan nutrisi juga mempercepat perkembangan dan pertumbuhan tanaman.

Zat perangsang bunga dan buah ini ada 2 cara, adapun alat dan bahannya berikut ini adalah alat bahan bahan yang harus disiapkan untuk membuat zat perangsang bunga dan buah dari bahan organik.

Membuat zat perangsang cara 1


Pertama bahan yang disiapkan adalah sabut kelapa sebanyak sesuai kebutuhan, sabut kelapa yang baik adalah sabut kelapa yang sudah tua, ada yang sudah berwarna coklat, selanjutnya sabut dibuat pipih dengan tujuan agar zat yang terdapat didalam sabut kelapa keluar.

kemudian rendam sabut kelapa tadi didalam air selama minimal 2 minggu sampai air menjadi larutan berwarna coklat kemerahan.

Sebelum di aplikasikan, terlebih dahulu disaring, larutan sabut kelapa ini sangat bagus untuk merangsang bunga dan buah, terutama jika di aplikasikan pada tanaman padi.

Membuat zat perangsang cara 2


Bahan-bahan

Buah buahan busuk
Air cucian beras 5 liter
Gula merah 1/2 kg
Air kelapa 1 liter

Cara pembuatan

Tumbuk buah busuk tadi sampai keluar sarinya, diusahakan ditumbuk didalam ember agar sari pada buah tidak terbuang, setelah halus masukan larutan air cucian beras dan air kelapa tadi, aduk hingga rata. Selanjutnya iris lembut gula merah, aduk kembali hingga gula tadi laru. Setelah tercampur semua, tutup dengan kain kasa diamkan sampai minimal 2 minggu.

Mencacah buah
Setelah 2 minggu larutan bisa digunakan, namun sebelum digunakan larutan disaring terlebih dahulu. Larutan ini bisa dicampur lagi dengan air dengan persentase 1 : 5, Larutan ini dapat merangsang pertumbuhan bunga dan buah pada tanaman.

Demikian car Membuat Perangsang Bunga dan Buah dari bahan Organik, selamat mencoba.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments