Wednesday, June 7, 2017

PENGERTIAN SAWAH IRIGASI SETENGAH TEKNIS

Pengertian sawah irigasi setengah teknis adalah Pengairan yang dikelola oleh pihak pemerintah yang hanya menguasai bangunan penyadap untuk... thumbnail 1 summary

Pengertian sawah irigasi setengah teknis adalah Pengairan yang dikelola oleh pihak pemerintah yang hanya menguasai bangunan penyadap untuk dapat mengatur dan mengukur pemasukan air, sedangkan pada jaringan saluran selanjutnya seperti jaringan saluran tersier tidak diatur dan tidak dikuasai oleh dinas pengairan atau pihak pemeritahan. Untuk selebihnya sama dengan sawah pengairan teknis.


Irigasi setengah teknis
Berbeda dengan pengairan sawah irigasi teknis yang dibangun dan dipermanenkan dari mulai bendungan sampai saluran tersier, sawah irigasi setengah teknis mempunyai saluran irigasi yang belum dibangun atau dipermanenkan oleh pihak pemerintah hanya saja untuk Bendungan dan jaringan saluran primer (utama) saja sudah dibangun atau dipermanenkan oleh pihak pemerintah.

Untuk pemeliharaan saluran air pada sawah dengan irigasi setengah teknis ini peran aktif masyarakat dan kelompok tani sangat diperlukan, karena jika tidak dipelihara dan dikelola langsung oleh masyarakat dan kelompok tani saluran akan rusak dan tentunya tidak akan bisa mengairi sawah para petani yang berakibat air akan terbuang tanpa bisa digunakan terlebih dahulu.

Kerugian Sawah irigasi setengah teknis diantaranya adalah :
  1. Pemerintah hanya mengelola dan memelihara bendungan dan jaringan primer saja
  2. Jaringan sekunder dan tesier belum dibangun dan dipelihara pihak pemerintah
  3. Perbaikan dan perawatan irigasi dilakukan secara swadaya masyarakat dan kelompok tani

Dengan pemerataan sektor pertanian diharapkan pembangunan jaringan irigasi bisa diperbaiki dan dikelola pemerintah baik dari irigasi teknis maupun irigasi setengah teknis. Demikian artikel tentang pengertian sawah irigasi setengah teknis semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

No comments

Post a Comment