Wednesday, June 7, 2017

PENGERTIAN SAWAH TADAH HUJAN

Pengetian sawah tadah hujan adalah sawah yang mempunyai sumber pengairannya tergantung pada air hujan. Sawah ini mulai digarap jika sudah ... thumbnail 1 summary

Pengetian sawah tadah hujan adalah sawah yang mempunyai sumber pengairannya tergantung pada air hujan. Sawah ini mulai digarap jika sudah musim penghujan dan akan berhenti atau tidak ditanami ketika musim penghujan selesai karena untuk mendapatkan sumber air dikawasan sawah tadah hujan sangat sulit.


Pengertian sawah tadah hujan
Untuk budidaya dilahan sawah tadah hujan biasanya dilakukan setiap satu tahun sekali, biasanya sawah tadah hujan ini terletak diantara pegunungan dan hutan atau perkebunan sehingga untuk mendapatkan samuber air sangat sulit.

Baca juga :

Menurut sebuah artikel di BB Padi menyatakan sawah tadah hujan merupakan sumber lumbung pangan kedua setelah sawah irigasi yang ada di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung di Indonesia sawah tadah hujan mempunyai total luas sekitar 1,4 juta hektar.

Dari kesulitan air di lahan sawah tadah hujan ternyata dilahan tadah sawah serangan hama dan penyakit dilahan tadah sawah ini bisa ditahan, karena sejauh ini varietas padi yang khusus ditanam dilahan tadah sawah merupakan varietas tahan penyakit blas diantara varietas yang bisa ditanam dilahan tadah hujan adalah Inpari 38 Tadah hujan, Inpari 39 Tadah hujan dan Inpari 41 Tadah hujan.

Demikian artikel tentang pengertian sawah tadah hujan, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan tentang sawah tadah hujan. kunjungi terus blog sampulpertanian karena masih banyak info mnarik lainnya disini. semoga bermanfaat dan terima kasih.

No comments

Post a Comment