Wednesday, June 7, 2017

PENGERTIAN SAWAH IRIGASI TEKNIS

Pengertian sawah irigasi teknis adalah sawah yang memiliki saluran masuk dan keluar terpisah agar penyediaan dan pembagian air irigasi dap... thumbnail 1 summary

Pengertian sawah irigasi teknis adalah sawah yang memiliki saluran masuk dan keluar terpisah agar penyediaan dan pembagian air irigasi dapat sepenuhnya diatur dengan mudah. Sawah Irigasi teknis Biasanya mempunyai jaringan terdiri dari saluran primer (utama) dan skunder serta saluran tersier dimana saluran primer dan skunder serta bangunannya dibangun dan dipelihara oleh pihak pemerintah dalam hal ini adalah dinas pengairan.


Sawah irigasi teknis
Sawah irigasi teknis biasanya sudah banyak diterapkan di banyak areal sawah di Indonesia yang membutuhkan pengairan yang tertata dan terjadwal setiap saatnya, biasanya dalam pengairan sawah irigasi teknis ini sudah mempunyai sumber air yang menjadi sumber utama pengairan seperti waduk atau bendungan agar pada waktu musim penghujan dan musim kemarau lebih teratur dan tertata.

Sawah irigasi teknis ini mempunyai pola tanam yang teratur yang telah disepakati oleh pihak pengelola air dengan para petani atau bisa sesuai kondisi air dilapangan, seperti pada pola tanam Padi-Padi-Palawija dimana pada bulan-bulan basah seperti Oktober sampai Maret ditanami sawah dan dibulan Agustus sampai September ditanami Palawija.

Keuntungan sawah menggunakan irigasi teknis diantaranya adalah :
  1. Pengairan lebih tertata
  2. Pengaritan lebih terjadwal
  3. Saluran pengairan dibangun dan dipelihara pemerintah
  4. Petani mempunyai jadwal dan pola tanam
  5. Pembagian dan penyaluran air lebih tertata
Pihak pemerintah mulai fokus terhadap sektor pertanian yang satu ini seperti telah dibangun dan diperbaiki saluran-saluran air dengan program Jaringan irigasi tingkat usaha tani (JITUT) dan jaringan irigasi desa (JIDES) berupa perbaikan linning-linning saluran air sehingga jaringan saluran tersier pun sudah mulai dibangun dengan permanen. Demikian artikel tentang pengertian sawah irigasi teknis, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua.

No comments

Post a Comment