Wednesday, June 7, 2017

PENGERTIAN LAHAN SAWAH PASANG SURUT

Pengertian lahan sawah pasang surut adalah lahan sawah yang tergantung pada air sungai yang dipengaruhi oleh pasang surutnya air laut seba... thumbnail 1 summary

Pengertian lahan sawah pasang surut adalah lahan sawah yang tergantung pada air sungai yang dipengaruhi oleh pasang surutnya air laut sebagai sumber pengairannya. sehingga lahan jenis pasang surut ini akan mengatur jumlah air masuk ketika air laut mulai pasang biasanya pada malam hari.


Sawah
Lahan sawah pasang surut ini biasanya mudah didapatkan didaerah pesisir dan ditempat-tempat tertentu seperti di Sumatera, Kalimantan, dan Papua. Lahan sawah pasang surut mulai bisa ditanami pada musim kemarau dimana keaadaan air akan menyusut kisaran bulan juli sampai sepetember, sedangkan pada bulan-bulan desember sampai mei lahan tidak bisa ditanamai karena debit air akan tinggi dan sulit untuk surut karena bertepatan dengan musim hujan.

Penanaman pada lahan sawah pasang surut bisa menggunakan padi gogo, gogo rancah atau secara konvensional tergantung pada ketersediaan air saat pasang sedangkan untuk varietas yang dianjurkan adalah Varietas Cisadane, Cisanggarung dan IR42.

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian lahan sawah pasang surut, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan terutama tentang lahan sawah pasang surut. Kunjungi terus blog sampulpertanian karena masih banyak informasi menarik lainnya terutama tentang dunia pertanian. Sekian Terima kasih.

No comments

Post a Comment