-->
3 Musuh alami hama tikus

3 Musuh alami hama tikus

Tikus merupakan salahsaru hama yang sulit untuk dikendalikan terutama dilahan pertanian, hama tikus ini menyerah semua fase tanaman, dari mulai fase vegetatif maupun fase generatif, tentunya membuat para petani cukup dibuat pusing dibuatnya.

untuk mengendalikan hama tikus bisa menggunakan racun tikus atau kita sebut dengan rodentisida, ada banyak merek dagang yang dipasarkan di kios kios pertanian namun seringkali pemberian racun tikus ini kurang efektif jika serangan hama mempunyai intensitas tinggi. adapun cara lain yaitu dengan cara emposan dengan mengendalikan tiap tiap lubang tikus yang dianggap aktif diberikan pengasapan yang mengandung blerang dan bahan bahan lainnya.

tikus sawah
Tikus Sawah

Meningkatnya hama tikus ini bisa diakibatkan lingkungan yang mendukung perkembangbiakannya, diantaranya gulma yang banyak tumbuh dan minimnya musuh alami. menindaklanjuti musuh alami tikus, blog sampul pertanian merangkum setidaknya ada 3 musuh alami tikus yang cukup efektif untuk mengendalikan hama tikus, berikut musuh alami hama tikus,

1. Ular

ular merupakan musuh alami hama tikus no. 1, diketahui ular dapat memangsa tikus sampai kelubang atau sarang tikus langsung, selain itu ular mempunyai waktu berburu yang sama dengan waktu tikus sawah menyerang yakni pada malam hari.

2. Burung hantu

Salahsatu golongan burung predator akhir-akhir ini sudah mulai dikembangkan didaerah kelompok-kelompok tani, dengan cara dibuatkannya rumah burung hantu, atau disebut dengan rubuha. rubuha dibuat dengan sederhana, yakni dengan dibuatkan kandang dipasang dipetakan sawah kemudian kita tinggal menunggu kandang tersebur diisi sendiri oleh burung hantu, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu agar kandang bisa diisi.

3. Biawak

Biawak ini merupakan predator yang cukup rakus, bisa memakan apasaja, bisa tikus, ayam, ikan, burung dan hewan-hewan kecil lainnya. biawak akan berburu tikus sampai kelubang-lubang terdalam yang dibuat tikus dengan penciumannya dan cakar yang tajam bisa menggali lubang tikus. namun biawak ini serikali diburu untuk dijadikan bahan konsumi dan bahkan dikatakan hama bagi daerah yang membudidayakan ikan air tawar dikolam.


Demikian, 3 musuh alami tikus menurut versi blog sampul pertanian, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan bisa memberikan manfaat.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments