-->
5 KERUGIAN PENGGUNAAN PUPUK UREA BERLEBIH

5 KERUGIAN PENGGUNAAN PUPUK UREA BERLEBIH


Penggunaan pupuk sangatlah penting terutama untuk peningkatan hasil produksi dan produktivitas dari tanaman, ada beberapa macam jenis pupuk yang sering digunakan diantaranya jenis pupuk tunggal dan jenis pupuk majemuk, contoh dari pupuk tunggal adalah pupuk urea dan contoh dari pupuk majemuk adalah NPK.

Pupuk urea

Dari kedua jenis pupuk diatas yang sering digunakan atau yang sering ditnyakan adalah pupuk urea, padahal didalam pupuk NPK punkandungan urea sudah ada namun tentunya persentasinya lebih kecil dikarenakan NPK adalah pupuk majemuk.

Tapi pernah g kita berfikir kerugian apa saja yang ditimbulkan jika kita ketergantungan terhadap penggunaan pupuk urea, blog sampul pertanian merangkum setidaknya ada 5 kerugian penggunaan pupuk urea yang berlebih, diantara nya

1.Kerugian pertama jika penggunaan pupuk urea yang berlebih adalah pemborosan dalam biaya usahatani kita

2. Dengan pemberian bahan kimia yang berlebih dan dilakukan terus menerus tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kesuburan tanah kita dan akan mengakibatkan tanah menjadi masam. Tanah yang masam  mengakibatkan penyerapan unsur hara tertentu  menjadi terhambat bahkan kurang maksimal

3. Akan mengancam kelangsungan hidup mikroorgansme yang berada dalam tanah.

4. Mengakibatkan adanya rasa candu terhadap urea seperti halnya petani pada saat ini

5. Jika pemupukan urea terlalu banyak maka akan menjadikan tanaman tidak mempunyai sistem imun yang alami sehingga tanaman akan menjadi mudah terserang hama maupun penyakit.

dari ke 5 kerugian diatas, Marilah kita mulai melirik tentang penggunaan pupuk organik yang jelas-jelas dapat diandalkan untuk jangka panjang. melalui pemanfaatan bahan organik yang berada disekitar kita untuk dijadikan pupuk yang menyuburkan tanaman kita, sehingga kita tidak perlu cemas dengan kelangkaan pupuk kimia, tak usah bingung jika pupuk urea mahal karena kita telah bisa membuat pupuk sendiri.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments