Hal yang harus dipersiapkan dan dilakukan oleh petani jelang musim tanam

Hal yang harus dipersiapkan dan dilakukan oleh petani jelang musim tanam

Tanam Padi

Musim hujan sudah akan dimulai, yuk kita persiapkan musim tanam dipenghujung tahun ini. Sebelum kita menyambut musim tanam ini ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dilakukan oleh kita semua khususnya untuk para pelaku usaha dibidang budidaya padi.


Sebelum masuk dalam pembahasan, mari kita mengingat kembali periode musim tanam yang telah diwariskan oleh para leluhur kita, pertama menurut leluhur bahwa pada bulan OK-MAR atau Oktober Maret ini, selang waktu nya dipakai memulai untuk masa tanam padi, yakni pada jelang waktu tersebut diyakini masuk dalam bulan penghujan, sedangkan musim tanam lainnya adalah A-SEP atau singkatan dari Agustus-September.

Kembali ke pokok pembahasan, sesuai judulnya yakni persiapan yang harus dilakukan jelang musim tanam padi menurut versi blog sampul pertanian adalah sebagai berikut,

1. Persiapan diri

Persiapan diri merupakan hal yang terpenting dalam memulai segalah hal tidak terkecuali persiapan dalam kegiatan pertanian, persiapan diri ini meliputi kesehatan, keyakinan, serta mental siap menerima apapun yang terjadi.

2. Persiapan modal

Tidak bisa dipungkiri, modal dalam sektor pertanian terutama dalam bidang budidaya sangatlah besar, untuk budidaya padi saja modal yang harus disiapkan rata-rata 6-7juta/hektar bahkan bisa kurang atau lebih tergantung tempat dan perlakuan yang diberikan

3. Persiapan Sarana dan Prasarana

Persiapan yang ketiga adalah Persiapan Sarana dan Prasarana, persiapan ini tidak kalah penting dari 2 persiapan diatas. Persiapan ini diantaranya meliputi Benih, Pupuk, Pestisida, dll.

Demikian 3 persiapan yang harus dipersiapkan dan dilakukan jelang musim tanam. Semoga artikel ini bisa memberikan bacaan yang berguna dan akhir kata terima kasih sudah berkunjung.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments