-->
Kandungan Cecenet atau Ciplukan (Physalis angulata L.) yang bermanfaat bagi tubuh kita

Kandungan Cecenet atau Ciplukan (Physalis angulata L.) yang bermanfaat bagi tubuh kita

Cecenet atau Cecendet merupakan tumbuhan yang termasuk kedalam kelas tumbuhan dikotil atau Dicotyledonnae. menurut sebuah artikel tumbuhan cecenet atau ciplukan ini berasal dari dataran amerika namun seiring waktu tumbuhan yang dianggap sebagian orang ini hama mulai menyebar kedataran Eropa, Asia termasuk di Indonesia.


Kandungan Cecenet atau Ciplukan (Physalis angulata L.)
Tumbuhan ini sangat tumbuh baik didataran tropis sehingga tumbuhan cecenet ini bisa tumbuh dengan cepat, biasanya cecenet atau ciplukan ini mudah kita temui di tegalan, kebun, pematang sawah, semak, hutan dan dipadang rumput atau didaerah dengan ketinggian yang mencapai 1550 mdpl.

Tumbuhan cecenet ini mempunyai buah yang dibungkus oleh tudung yang menyerupai bentuk kubah terbalik, mempunyai warna hijau dan ketika matang buah cecenet akan berubah warna menjadi kuning dan mempunyai rasa yang manis dan ada sedikit rasa asam yang khas yang dipunyai buah cecenet.

Ternyata selain mempunyai rasa yang manis, didalam buah cecenet ini banyak mengandung zat kimia yang bermanfaat bagi tubuh kita selain dari buah, akar dan daun cecenet pun mengandung zat yang bermanfaat juga, adapun kandungan yang terdapat didalam buah, akar dan daun cecenet adalah sebagai berikut.

Kandungan yang terdalapat pada Cecenet atau ciplukan
(Physalis angulata L.)
Daun
Glikosida Flavonoid (luteolin)
Tunas
Flavonoid dan Saponin
Akar
Alkaloid
Biji atau buah
Protein 12-25%

Minyak lemak 15-40%

Asam Palmitat dan Asam Stearat.
Kandungan lainnya :

Saponin, Flavonoid, Polifenol, dan Fisalin

Fisalin B, Fisalin D, Fisalin F, Withangulatin A
Yang bermanfaat sebagai :

Antihiperglikemi, Antibakteri, Antivirus, Antimikroba, Imunostimulan dan Imunosupresan (imunomodulator), Antiinflamasi, Antioksidan, dan Sitotoksik

Kandungan yang terdapat didalam cecenet ini ternyata sangat banyak, namun sangat disayangkan dengan banyaknya kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita tidak ada yang membudidayakannya secara khusus tentang buah cecenet ini, akhir kata demikian artikel tentang kandungan cecenet atau ciplukan (Physalis angulata L.). semoga bermanfaat dan terima kasih.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments