-->
16 Manfaat Cecenet atau Ciplukan (Physalis angulata L.)

16 Manfaat Cecenet atau Ciplukan (Physalis angulata L.)

Cecenet atau Ciplukan merupakan tanaman yang bisa tumbuh dilahan-lahan pertanian, biasanya tumbuhan ini tumbuh sebagai gulma dan jarang sekali orang menanam secara budidaya khusus terhadap tumbuhan ini. namun ternyata walaupun sering dianggap gulma, tumbuhan ini mempunyai banyak manfaat dari mulai buah, daun sampai akar tanaman itu sendiri.


Manfaat cecenet atau ciplukan (Physalis angulata L.) 
Tanaman cecenet atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Physalis angulata L. dipercaya dikalangan masyarakat sebagai salahsatu obat untuk epilepsi, penyakit kuning, nyeri perut, susah buang air kecil, keseleo bahkan sampai mengeobati patah tulang.

Setelah diteliti tentang cecenet atau ciplukan ini, ternyata tanaman ini mempunyai sifat aktivitas sebagai antibakteri, antivirus, imunostimulan, anti inflamasi, antioksi dan masih banyak lainnya. untuk itu blog sampulpertanian akan merangkum beberapa manfaat dari cecenet atau ciplukan ini, adapun manfaatnya adalah sebagai berikut.
  1. Membantu melancarkan buang air kecil
  2. Membantu proses penyembuhan luka
  3. Sebagai obat pilek atau flu
  4. Membantu meredakan batuk kering dan berdahak
  5. Sebagai obat penyakit kuning
  6. Mengobati bisul
  7. Meredakan sakit perut
  8. Memperkuat fungsi jantung
  9. Membantu menurunkan gula darah
  10. Sebagai antihiperglikemi
  11. Sebagai antibakteri
  12. Sebagai antivirus
  13. Sebagai imunostimulan dan imunosupresan (imunomodulator)
  14. Sebagai antiinflamasi
  15. Sebagai antioksidan, dan 
  16. Sebagai sitotoksik
Ternyata tanaman yang sering kita anggap sebagai tumbuhan gulma terkandung banyak sekali manfaat didalamnya terutama untuk kesehatan tubuh kita, demikian artikel tentang manfaat dari cecenet atau ciplukan (Physalis angulata L.), semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah referensi manfaat dari cecenet atau ciplukan ini. akhir kata terima kasih.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments