Friday, December 29, 2017

Mengenal Secara Singkat Penyakit Kerdil Rumput pada Tanaman Padi

Penyakit Kerdil rumput adalah Penyakit pada tanaman padi yang disebabkan oleh virus (rice grassy stunt virus/RGSV) yang ditularkan secar... thumbnail 1 summary

Penyakit Kerdil rumput adalah Penyakit pada tanaman padi yang disebabkan oleh virus (rice grassy stunt virus/RGSV) yang ditularkan secara langsung oleh hama wereng batang coklat, virus ini berbentuk seperti benang lentur, dengan diameter 6 - 20 nm dan panjangnya sekitar 900- 1350 nm.


Penyakit Kerdil Rumput
Tanaman yang terinfeksi tinggi penyakit kerdil rumput ini akan mengalami kerdil pada bagian tanamam dengan anakan yang berlebihan, sehingga tampak terlihat seperti tumbuhan rumput.

Daun pada tanaman padi yang terserang virus ini akan menjadi sempit, tanaman akan pendek, kaku, daun berwarna hijau kekuningan dan penuh dengan bercak coklat pada permukaan daun seperti karat.

Stadia pertumbuhan tanaman yang paling rentan terkena serangan virus Kerdil rumput idmi adalah pada saat tanaman masih umur muda yakni kisaran umur 2-3 minggu setelah tanam sampai pada fase primordia sekitar umur 40-50 hst.

Virus kerdil rumput ini ditularkan oleh wereng batang coklat yang dewasa dan akan masih dapat ditularkan walaupun setelah serangga tersebut ganti kulit (transtadial), biasanya serangga yang sudah terinfeksi virus ini akan selamanya menularkan sampai pada masa hidupnya.

tetapi serangga yang terinfeksi tersebut tidak dapat ditularkan melalui telurnya (tidak transovarial). Lama hidup hama wereng coklat yang terinfeksi virus kerdil rumput ini lebih pendek jika dibandingkan dengan WBC yang bebas dari virus kerdil rumput.

Rata-rata umur wereng yang terinfeksi sekitar 16,1 hari, sedangkan rata-rata umur wereng coklat yang tidak mengandung virus sekitar 20,4 hari.

Demikian ulasan tentang pengenalan Secara Singkat Penyakit Kerdil Rumput pada Tanaman Padi, semoga artikel ini bermanfaat dan berguna. Terima kasih.

No comments

Post a Comment