Tips Memilih Anakan Ayam Bangkok Berkualitas

Tips Memilih Anakan Ayam Bangkok Berkualitas

Cara Memilih Anakan Ayam Bangkok yang Berkualitas - Ayam bangkok di Indonesia menjadi primadona karena ayam ini banyak penghobi dan peternak mulai mengembangkan ayam aduan yang satu ini.


Anakan Ayam Bangkok
Tentunya dari segi nilai harga jual ayam bangkok lebih tinggi jika dibandingkan ayam-ayam pada umumnya, oleh sebab itu para peternak berlomba mencentak anakan anakan ayam bangkok yang berkualitas.

Banyak faktor yang menentukan ayam bangkok menjadi jawara, selain latihan dan perawatan, tentunya dilihat juga dari bibit unggul atau anakan yang memang sudah berkualitas sehingga memiliki daya tarung yang diatas rata-rata.

Untuk mencari ayam aduan atau ayam Bangkok yang berkualitas dengan persentase petarung yang tinggi ternyata bisa dilihat dari ciri fisiknya, adapun ciri-cirinya sebagai berikut.

1. Ciri Fisik pada Mata Ayam

Anakan ayam bangkok yang baik mempunyai ciri fisik pada bola mata yang bening dengan ciri alis yang sedikit menonjol jika dibandingkan dengan mata yang sedikit menjorok ke dalam.

2. Ciri Fisik pada Badan Ayam

Anakan ayam aduan yang berkualitas akan memiliki badan yang tegap, sehat serta ditumbuhi bulu-bulu yang berwarna cerah.

3. Ciri Fisik pada Paruh Ayam

Pilihlah paruh pada anakan ayam bangkok atau ayam aduan yang menyerupai burung burung predator dengan warna paruh yang menyerupai warna pada ruas kakinya, hal ini menandakan anakan ayam memiliki patukan yang lebih kuat.

4. Ciri Fisik pada Kepala Ayam

Fisik kepala terlihat agak tebal dan memanjang dengan kulit kepala yang tipis dan halus. Hal ini menandakan anak ayam bangkok tersebut diprediksi akan mempunyai daya tahan yang kuat terhadap pukulan lawannya.

5. Ciri Fisik pada Kaki Anak Ayam

Pada bagian kaki pilihlah anakan ayam yang mempunyai kaki dengan jari yang membuka lebar dan terlihat tidak cacat. Dengan lutut

6. Ciri Fisik pada Tulang Anak Ayam

Tulang atau merupakan salahsatu hal terpenting dalam memilih anakan ayam yang berkualitas, setidaknya ada tiga tulang harus diperhatikan, yang pertama tulang leher yang agak panjang, besar, dan dan tersusun rapat, hal ini berguna untuk bertarung diwaktu dewasa, selanjutnya tulang dada yang besar, tebal, kuat, dan keras serta padat saat kita dipegang, perhatikan juga tulang belakang yang menghubungkan badan dan ekor pada ayam. Yang terakhir tulang kaki, tulang kaki pada ayam ada 2 jenis yakni tulang yangg membulat dan Persegi tulang kaki ini mempunyai lekukan seperti buah belimbing.

7. Perhatikan Ciri Fisik Indukan Ayam

Indukan sangat penting menentukan anakan yang berkualitas, ciri indukan ayam memiliki tulang atau rangka yang tinggi, kuat tegak, hal ini akan mewarisi pada anakannya.

8. Faktor Pakan dan Lingkungan

Faktor ini tidak kalah penting, karena anakan ayam aduan akan tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat sehingga akan menjadi bekal jika ayam sudah dewasa.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments