Thursday, November 10, 2016

Keuntungan tanam padi dengan Tanju (Tanam maju)

Beralih nya teknik menanam padi dari cara tandur menjadi Menanam padi dengan teknik Tanju (Tanam maju)  tidak lepas dari banyaknya keuntu... thumbnail 1 summary

Beralih nya teknik menanam padi dari cara tandur menjadi Menanam padi dengan teknik Tanju (Tanam maju) tidak lepas dari banyaknya keuntungan yang ada dalam teknik tanju ini. 


Dibeberapa daerah teknik tanju sudah mulai dilakukan bahkan petani sudah terbiasa menggunakannya.

Tanju (Tanam maju)
Merubah kebiasaan dari yang mulanya Tandur menjadi tanju tidak dipermasalahkan oleh petani, dikarenakan teknik tanju ini merupakan keinginan dari petani itu sendiri. blog sampul pertanian akan merangkum keuntungan dari tanju atau tanam maju ini dibandingkan dengan teknik penanaman dengan cara tandur, berikut keuntungan dari tanju (tanam maju).

1. Memudahkan untuk penanaman


Penanaman dengan teknik tanju atau tanam maju ini memudahkan petani untuk menanamkan bibitnya dikarenakan penanaman dilakukan dengan cara maju melakah ke depan.

2. Penanaman bibit padi lebih cepat


Penggunaan teknik tanju atau tanam maju ini lebih cepat dikarenakan, cara penanaman bibitnya dengan cara melangkah maju kedepan, sehingga memudahkan petani untuk menanamnya dan jangkauan tangan dan penglihatan lebih luas sehingga tidak ada jarak tanam yang terlewat untuk ditanamai bibit.

3. Lebih rapih


Penanaman tanju lebih rapih dikarenakan teknik tanju ini tidak menginjak garis jarak tanam berbeda halnya dengan tandur yang seringkali tanpa sengaja menginjak yang mengakibatkan terhapusnya garis jarak tanam yang sebelumnya dibuat dengan caplakan tersebut. dengan teknik tanju petani bisa lebih fokus untuk maju menanam bibit padinya tanpa harus mencari jarak tanam untuk bibit padinya.

4. Lubang jarak tanam tidak ada yang terlewat.


Jika dibandingkan dengan teknik tandur yang seringkali terlewatnya lubang jarak tanam, berbeda dengan tanju. lubang jarak tanam yang akan ditanami berada didapan sehingga memudahkan untuk mengisinya dengan bibit dan tidak akan terlewat untuk ditanami.

No comments

Post a Comment