-->
Menanam padi dengan teknik Tanju (Tanam maju)

Menanam padi dengan teknik Tanju (Tanam maju)

Seiring majunya perkembangan zaman, berpengaruh juga terhadap sektor pertanian, salah satunya perkembangan teknik penanaman padi. 



Teknik penanaman yang dahulu menggunakan teknik menanam padi dengan cara tandur yaitu tanam dengan cara mundur, sekarang tandur mulai sedikit berubah menjadi tanju yang merupakan singkatan dari tanam maju atau tanam padi dengan cara maju.

Tanju (Tanam padi dengan cara maju)
Tanju entah siapa yang memulai dan entah kapan dimulainya oleh petani, yang pasti tanju sekarang sudah mulai populer dilakukan oleh para petani untuk menanam padi. perubahan dari tandur ke tanju saya rasa tidak lepas dari banyaknya keuntungan dari teknik tanju dibandingkan dengan teknik tanam dengan cara tandur.

Keuntungan dari tanju atau tanam padi dengan cara maju ini salah satunya petani bisa lebih cepat melakukan penanaman bibit padinya dan bisa lebih jelas melihat garis jarak tanam yang sebelumnya dibuat oleh petani menggunakan Caplakan.

Untuk penanaman padi sendiri biasanya mempekerjakan paling sedikit 5-6 orang pekerja dan biasanya dilakukan oleh kaum wanita namun didaerah tertentu penanaman padi dilakukan oleh kaun pria.


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

11 comments

wah patut diperkenalkan ke petani ini, bagus caranya penanamannya..

Balas

Cara menanam padi maju ini sepertinya harus di praktekan di wilayah saya

Balas

unik juga ya gan. ane kira asal tanam aja gitu :v

Balas

unik juga cara ini, smoga indonesia bisa menjadi swasembada pangan

Balas

Wah ada tandur ada tanju juga ya ternyata. Bru tau.. :-)

Balas

kayaknya di kampung saya di kebumen, jawa tengah masih pakai teknik tandur deh..

malah saya baru denger sekarang ada teknik tanju..

tapi okelah untuk infonya..thanks ya.


Balas

semoga banyak yang menanam padi lagi

Balas

semamgat tanam padinya biar indonesia g ekspor padi dari luar.

http://tutoride.blogspot.com

Balas

Ente anak desa ya gan.. Sampek tau ilmu gitu :)

Balas

Terima kasih infonya gan, soalnya saya baru tahu bahwa ada cara menanam padi dengan maju. Sangat bermanfaat untuk saya sosialisasikan di kampung saya. Salam dan sukses selalu

Balas

ini salah satu cara yang efektif untuk menanam padi, bisa mempersingkat waktu penanaman. tapi masih ada sebagian masyarakat yang masih menggunakan cara tandur, ini adalah tugas kita untuk mensosialisakan kepada masyarakat indonesia agar pertanian indonesia lebih maju.

Balas