Wednesday, November 9, 2016

Membuat jarak tanam dengan Caplakan

Salahsatu penentu meningkatnya hasil panen dari tanaman padi adalah penggunaan jarak tanam yang ideal, oleh karena itu penggunaan jarak t... thumbnail 1 summary

Salahsatu penentu meningkatnya hasil panen dari tanaman padi adalah penggunaan jarak tanam yang ideal, oleh karena itu penggunaan jarak tanam sangat diperlukan dalam budidaya tanaman satu ini.



Sebenarnya jarak tanam perlu juga untuk budidaya tanaman lainnya, semisal tanaman musiman ataupun tanaman tahunan, dalam beberapa hal jarak tanam untuk budidaya padi banyak macamnya, mulai dari jarak tanam yang biasa atau konvensional ataupun jarak tanam menggunakan metode jajar legowo. untuk membuat jarak tanam memerlukan alat yang bernama Caplakan.



Petani sedang menggunakan Caplakan
Membuat jarak tanam menggunakan caplakan sangat mudah dan sederhana, kita hanya perlu menariknya saja secara horizontal dan memotongnya secara vertikal, ataupun sebaliknya.

Membuat jarak tanam
Dengan membuat jarak tanam, memudahkan untuk kita melakukan penanaman bibit muda atau tandur pada petak pesawahan adapun keuntungan lain menggnakan jarak tanam sebagai berikut :

1. Memudahkan penanaman/tandur
2. Memudahkan pemupukan
3. Memudahkan pengendalian hama dan penyakit
4. Memudahkan pengamatan
5. Memudahkan cara panen

Jarak tanam sendiri bervariatif, dari ukuran 25x25cm, 27x27cm, 30x30cm dan banyak lainnya tergantung yang diinginkan petani. namun untuk peningkatan produksi dianjurkan dilakukan jarak tanam dengan metode jajar legowo.

No comments

Post a Comment