Kepadatan ideal untuk kandang Ayam Broiler atau Ayam pedaging

Kepadatan ideal untuk kandang Ayam Broiler atau Ayam pedaging

Ukuran Kandang yang ideal untuk kepadatan ayam broiler atau ayam pedaging harus sangat diperhatikan, langkah ini merupakan salahsatu kunci suksesnya ternak tersebut.


Ayam pedaging (foto : Iyan)
Ayam broiler atau kita sering menyebutnya dengan nama ayam negri ini mempunyai pertumbuhan dan perkembangan yang cukup pesat sehingga membutuhkan kandang yang cukup besar agar ayam bisa leluasa melakukan aktifitas alaminya seperti mengepakan sayap dan bergerak bebas.

Selain dari itu, kepadatan kandang juga mempengaruhi bobot dari ayam, jika terlalu padat ayam akan mengalami sesak dan kandang cenderung panas, sedangkan jika terlalu lebar, ayam akan terlalu banyak bergerak hal ini akan membutuhkan kalori yang cukup besar, yang seharusnya untuk perkembangan daging malah kalori akan terbuang begitu saja.

Berikut ini merupakan gambaran ukuran Kepadatan yang ideal untuk kandang Ayam Broiler atau Ayam pedaging yang bisa diterapkan oleh anda.


Keterangan :
  1. Jumlah ayam 30 - 50 ekor/m2 (Minggu 1)
  2. Jumlah ayam 20 - 25 ekor/m2 (Minggu 2)
  3. Jumlah ayam 10 - 20 ekor/m2 (Minggu 3)
  4. Jumlah ayam 8 - 10 ekor/m2 (Minggu 4) 
  5. Jumlah ayam 6 - 8 ekor/m2 (Minggu 5)
Demikian Artikel tentang Ukuran kepadatan kandang yang ideal untuk ayam Broiler atau ayam pedaging, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita tentang ayam khususnya tentang ayam Broiler.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments