-->
Klasifikasi dan Morfologi Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens Stal)

Klasifikasi dan Morfologi Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens Stal)

Klasifikasi Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens Stal) - Wereng batang coklat atau WBC merupakan hama utama pada tanaman padi, serangan hama ini berpotensi puso pada tanaman padi.


Wereng batang coklat (Nilaparvata lugens Stal.)
Hama yang mempunyai nama lating (Nilaparvata lugens Stal) ini tergolong kedalam family Delphacidae dan genus Nilaparvata, untuk lebih jelas berikut ini adalah klasifikasi dari wereng batang coklat,

Klasifikasi Wereng Batang Coklat
(Nilaparvata lugens Stal.)
Kingdom
: Animalia
Filum
: Arthropoda
Kelas
: Insecta
Ordo
: Homoptera
Famili
: Delphacidae
Genus
: Nilaparvata
Spesies
: Nilaparvata lugens Stal.

Morfologi Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens Stal)


Telur Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens Stal.)


Telur wereng batang coklat berbentuk bulat lonjong dan diletakkan berkelompok dalam pangkal pelepah daun tanaman, tapi jika polpulasi wereng sedang tinggi telurnya diletakkan pada ujung pelepah daun dan pada tulang daun. Jumlah telur yang diletakkan hama WBC ini beragam, tiap satu kelompok antara 3-21
butir telur. Telur wereng batang coklat mulai menetas antara 7 sampai 11 hari atau rata-rata 9 harian.

Nimfa Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens Stal.)


Nimfa mengalami pergantian kulit atau sering disebut instar, rata-rata stadium
nimfa sekitar 12,8 hari. Sebelum nimfa menjadi wereng dewasa terlebih dahulu mengalami 5 kali instar, dengan lama ditiap instarnya berbeda. Warna dari nimfa WBC ini adalah coklat berwarna krem dan akan berubah menjadi keabuan seiring dengan umur nimfa. Panjang dari nimfa dewasa sekitar 2,1 mm, Nimfa dapat berkembang menjadi 2 tipe, yakni makroptera (bersayap panjang) atau wereng dengan sayap depan dan belakang normal, dan tipe ke 2 Brakhiptera (bersayap kerdil) yaitu sayap depan dan belakang tumbuh tidak normal.

Wereng Batang Coklat Dewasa


Wereng coklat dewasa memiliki ukuran panjang badan sekitar 2,6 – 2,9 mm, dengan warna coklat kehitaman, bergerak dengan berjalan dan terbang. Wereng coklat mempunyai siklus hidup yang cepat stadia dewasa atau imago sekitar 10-20 hari.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments