-->
Ubinan : Metode untuk mengetahui perkiraan hasil panen pada tanaman padi

Ubinan : Metode untuk mengetahui perkiraan hasil panen pada tanaman padi


Untuk para petani, melihat malai padinya sudah mulai menguning tandanya para petani bersiap akan memanen tanaman padinya, selain mengharap hasilnya tinggi.



Para petani pun biasanya selalu merasa penasaran ingin mengetahui jumlah hasil yang akan didapat dari budidaya tanaman padinya tersebut, namun para petani akan mengetahui jumlah hasil yang didapat setelah seluruh petakan sawahnya selesai dipanen, namun bagaimana untuk mengetahui jumlah perkiraan hasil panen yang didapat tanpa harus memanen petakan sawah seluruhnya? salah satu metode untuk mengetahui perkiraan hasil tersebut adalah dengan cara metode ubinan.

Ubinan : Metode untuk mengetahui perkiraan hasil panen pada tanaman padi
Metode Ubinan adalah salah satu metode dalam dunia pertanian untuk mengetahui perkiraan dari jumlah hasil yang akan didapat pada saat panen. Ubinan dapat diterapkan pada budidaya tanaman padi dengan cara sederhana, kitu cukup mengukur beberapa meter untuk dijadikannya tolak ukur atau perwakilan dari jumlah hasil perpetak sawah yang ingin kita ketahui hasilnya.

Metode ubinan ini sangat mudah dan sederhana di aplikasikan dilapangan, bahkan petani pun bisa melakukannya sendiri. adapun beberapa persiapan dan langkah dalam mengerjakan ubinan sebagai berikut,

Persiapan bahan dan alat :


Adapun bahan dan alat yang akan perlu seperti, karung, timbangan, arit, amparan, tali rapia dan alat untuk memisahkan bulir padi dengan malai serta tidak lupa alat penunjang lainnya seperti kalkolator dan alat tulis.

Langkah pengerjaan : 


Langkah yang harus dilakukan pertama kali adalah, pilih lah tanaman padi yang terlihat standar, tidak terlalu bagus ataupun sebaliknya. kemudian ubin petakan sawah dengan luasan 2,5x2,5 meter, usahan petakan yang diukur jangan terlalu dekat dengan pematang atau sebaiknya sekitar 3-4 meter dari pematang. setalah diukur dengan luasan 2,5x2,5 meter, tandai dengan tali rapia agar rumpun yang akan di ubin tidak tercampur dengar rumpun yang ada diluar ubinan. rumpun tadi di panen dengan arit  kemudian jika sudah terkumpul, pisahkan bulir padi dengan malai. kemudian masukan kedalam karung, setelah itu bulir padi tadi timbang dan kemudian dilakukan penghitungan.

langkah penghitungan :
Rumus Ubinan
Contoh : hasil dari ubinan 2,5x2,5 meter ditimbang mendapat 4,5 kg kemudian dikalikan (x) 1600 maka hasilnya 7200 kg atau 7,2 ton, maka perkiraan hasilnya adalah 7,2 ton/hektar

mudah bukan? untuk info lebih lanjut, bisa hubungi kami atau ketik saja dikolom komentar, Terima kasih.



Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 comment