Friday, October 13, 2017

Tanaman pengusir atau penangkal nyamuk (Bagian 1)

Tanaman pengusir nyamuk - Salam Pertanian, Postingan kali ini akan membahas tentang tanaman apa saja yang bisa mengusir nyamuk dilingkunga... thumbnail 1 summary

Tanaman pengusir nyamuk - Salam Pertanian, Postingan kali ini akan membahas tentang tanaman apa saja yang bisa mengusir nyamuk dilingkungan rumah kita, seperti yang kita ketahui dilingkungan rumah kita pasti terdapat saluran air, genangan air ataupun tempat-tempat nyamuk bersarang.


Tanaman pengusir nyamuk
Untuk mengatasi hal diatas tadi, alangkah baiknya kita mencegah dengan cara pengendalian nyamuk sejak dini, selain membersihkan daerah tempat tingggal kita cara untuk untuk mencegah nyamuk bisa dengan menanam tanaman yang bisa mencegah atau menangkal nyamuk, dengan tanaman ini nyamuk tidak betah berlama-lama tinggal dilingkungan rumah kita.

Adapun tanaman - tanaman yang bisa mengusir nyamuk dan bisa ditanam di sekitar pekarangan rumah atau dengan pot dirumah kita adalah sebagai berikut,

1. Bunga Lavender (Lavandula spp.)

Bunga yang mempunyai nama laitn Lavandula spp. merupakan salahsatu bunga yang bisa mengusir nyamuk. Bunga lavender selain sudah dikenal sebagai tanaman hias tanaman ini juga bisa digunakan untuk menangkal nyamuk. dipercaya dengan menggunakan bunga lavender ini bisa mengusir nyamuk terbukti banyak produk-produk anti nyamuk memakai atau beraroma bunga lavender untuk menangkal nyamuk.

Cara yang efektif untuk mengusir nyamuk, cukup menanam bunga lavender di pot yang disimpan dibagian jendela rumah kita, selain untuk mengusir nyamuk, tampilan bunga lavender pun sangat cantik untuk dijadikan tanaman hias.

2. Serai Wangi (Cymbopogon nardus)

Selanjutnya tanaman yang bisa mengusir atau menangkal nyamuk adalah Serai wangi, tanaman yang mempunyai nama latin Cymbopogon nardus dipercaya dapat menangkal nyamuk.

tanaman ini seringkali digunakan untuk bumbu masakan para ibu-ibu, namaun tanaman serai wangi ini tidak bisa ditanam didalam pot kecil sebagai tanaman hias, tapi bisa ditanam dipekarangan.

3. Akar wangi (Chrysopogon zizanioides)


Tanaman akar wangi ini mempunyai aroma yang sangat khas dan kuat sehingga bisa membuat nyamuk dan serangga pergi menjauh karena tidak kuat dengan baunya yang cukup kuat. Selain nyamuk biasa tanaman ini juga bisa sebagai tanaman pencegah atau pengusir nyamuk demam berdarah karena nyamuk Aedes Aegypy.

4. Daun Kemangi (Ocimum sanctum)

Selain dijadikan bumbu masakan, tanaman kemangiun bisa dijadikan tnaman untuk mengusir nyamuk, dibeberapa artikel daun kemangi ini bisa dijadikan untuk menangkal atau mengusir nyamuk karena mempunyai aroma bau yang khas dan cukup kuat.

5. Citrosa Mosquito

Citrosa Mosquito merupakan tanaman selanjutnya yang bisa menangkal nyamuk atau mengusir nyamuk yang bisa ditanam dirumah kita, tanaman ini mempunyi bungan yang sangat indah dan sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias dan memiliki aroma lemon yang sangat kuatyang bisa mengusir nyamuk, namun sayang bunga Citrosa Mosquito masih jarang ditemui di Indonesia, karena bunga ini berasal dari negeri kincir angin Belanda.

Baca juga :
Tanaman pengusir atau penangkal nyamuk (Bagian 2)

Demikian tanaman-tanaman yang bisa mengusir atau menagkal nyamuk yang bisa kita tanam ditempat lingkungan rumah kita, dengan menanam tanaman-tanaman ini kita bisa encegah rumah kita dijadikan sarang nyamuk khusunya nyamuk yang berbahaya seperti malaria, demam berdarah dan lain-lain.

No comments

Post a Comment