Friday, October 13, 2017

Tanaman pengusir atau penangkal nyamuk (Bagian 2)

Sebelumnya kita membahas tentang Tanaman pengusir nyamuk (Bagian 1) , sekarang kita bahas bagian ke-2 nya, sebenarnya masih banyak tanaman... thumbnail 1 summary

Sebelumnya kita membahas tentang Tanaman pengusir nyamuk (Bagian 1), sekarang kita bahas bagian ke-2 nya, sebenarnya masih banyak tanaman yang bisa menangkal atu mengusir nyamuk.


Tanaman pengusir nyamuk
Untuk menanam tanaman ini dirasa cukup diperlukan, Seperti yang kita ketahui, nyamuk merupakan salah satu hewan yang menyebabkan banyak pnyakit yang membahayakan bagi manusia seperti Cikungunya, malaria, demam berdarah dan lainnya untuk itu dengan menanam tanaman-tanaman ini kita bisa mencegahnya sejak dini.

Artikel kali ini akan membahas tanaman yang tidak ada dalam artikel Tanaman pengusir nyamuk (Bagian 1), untuk lebih singkat tanaman apa yang bisa mengusir atau menangkal nyamuk bisa dilihat dibawah ini,

1. Bunga Geranium (Pelargonium graviolens)

Bunga Geranium atau kita kenal dengan nama bunga tapak dara ini mempunyai Kandungan zat geraniol dan sitronelol, kandungan tersebut dipercaya sangat ampuh untuk mengusir atau menangkal nyamuk selain itu zat-zat tersebut sangat mudah menyebar terbawa angin sehingga akan membuat ruangan di sekitarnya dipenuhi aroma bunga ini. untuk mencegah darinyamuk bunga tersebut bisa diletakan di tempat yang mudah tertiup angin seperti jendela atau ventilasi udara.

2. Tanaman Rosemary (Rosmarinus officinalis)

Tanaman selanjutnya yang bisa mengusir nyamuk adalah tanaman Rosemary, Tanaman Rosemary memiliki banyak manfaat, dari banyak manfaatnya adalah sebagai tanaman pengusir nyamuk. Tanaman ini mempunyai aroma seperti minyak telon atau minyak kayu putih. Karena aroma khas yang dimiliki rosemary sangat ampuh untuk mengusir nyamuk ditempat tinggal kita.

3. Tanaman Selasih (Ocimum basillicum)

Selasih atau dalam nama latin disebut Ocimum basillicum merupakan tanaman yang bisa menangkal nyamuk. kita dapat menanam  selasih di dalam ruangan, selasih juga bisa diletakkan di luar ruangan, peletakannya di dekat pintu atau jendela. selain itu selasih juga bisa dijadikan empah untuk bumbu masakan.

4. Cengkeh (Syzygium aromaticum)

rempah-rempah yang bisa dijadikan sebagai tanaman penangkal nyamuk selanjutnya adalah cengkeh, tanaman cengkeh mempunyai tangkai bunga jika kering dapat mengeluarkan aroma cukup harum, namun tidak disukai oleh nyamuk. Aroma yang cukup tajam dari cengkeh tersebut ternyata disukai oleh banyak orang sehingga cengkeh dijadikan bahan campuran rokok di Indonesia.

5. Tanaman Kayu Putih (Melaleuca leucadendra)

Tanaman kayu putih sudah tidak diragukan lagi untuk mengkal nyamuk, banyak produk yang memakai bahan dasar dari tanaman kayu putih ini, seperti minyak kayu putih, minyak telon dan lain-lain.

Sebenarnya masih banyak jenis tanaman lainnya yang bisa menangkal atau mengusir nyamuk, namun tidak semua tanaman itu bisa disebutkan satu persatu. akhir kata terima kasih sudah berkunjung dan salam pertanian.

No comments

Post a Comment