Tuesday, October 31, 2017

Klasifikasi dan Morfologi Nanas (Ananas comosus)

Klasifikasi dan Morfologi Nanas ( Ananas comosus ) - Nanas atau nenas merupakan tanaman yang kaya manfaat, menurut beberapa sumber Nanas ... thumbnail 1 summary

Klasifikasi dan Morfologi Nanas (Ananas comosus) - Nanas atau nenas merupakan tanaman yang kaya manfaat, menurut beberapa sumber Nanas berasal dari Brasil, Bolivia , dan Paraguay yang merupakan daerah tropis, namun ada juga yang menyebutkan nanas berasal dari Amerika Selatan dan pada abad ke-16, bangsa Spanyol membawa tanaman nanas ke Filipina dan Semenanjung Malaysia dan pada akhirnya masuk ke wilayah nusantara.


Nanas (Ananas comosus)
Di Indonesia, Kabupaten Subang lah yang merupakan salah satu daerah penghasil nanas terbesar di lndonesia. Tumbuhan yang mempunyai nama latin Ananas comosus ini termasuk kedalam keluarga Bromeliaceae atau keluarga nanas nanasan yang merupakan  salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. Menurut sistem klasifikasi APG II suku ini termasuk ke dalam bangsa Poales, klad commelinids (eumonokotil). Untuk lebih jelasnya berikut Klasifikasi Nanas.

Klasifikasi Nanas (Ananas comosus)


Klasifikasi Tanaman Nanas
(Ananas comosus)
Kingdom
: Plantae
Subkingdom
: Tracheobionta
Superdivisi
: Spermatophyta
Divisi
: Magnoliophyta
Kelas
: Liliopsida
Subkelas
: Commelinidae
Ordo
: Bromeliales
Famili
: Bromeliaceae
Genus
: Ananas
Spesies
: Ananas comosus (L.) Merr.


Morfologi Nanas (Ananas comosus)


Nanas mempunyai mosfologi terdiri dari akar, batang, daun, bunga dan buah. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dibawah ini,

Morfologi Akar Nanas (Ananas comosus)

Akar nanas terdiri dari akar tanah dan akar samping. Akar tanaman nanas tumbuh dari batang kemudian masuk ke dalam ruang antara batang dan daun. Bentuk dari akar tanaman nanas ini kemudian akanmenjadi pipih dan melingkar dikarenakan akar tanaman dalam keadaan terjepit.

Morfologi Batang Nanas (Ananas comosus)

Tanaman Nanas mempunyai batang yang pendek letaknya tertutup oleh daun-daun dan akar tanaman. Panjang dari batang tanaman nanas diantara 20 cm sampai 30 cm, batang bagian bawah tanaman nanas berukuran sekitar 2 cm sampai 3,5 cm sedangkan pada batang bagian atas sekitar 5,5 cm sampai 6,5 cm kemudian pada bagian atas meruncing. Batang tanaman nanas memiliki ruas-ruas pendek, bisa terlihat jika daunnya dilepas atau gugur. Panjang ruas tersebut antara 1mm sampai 10 mm.

Morfologi Daun Nanas (Ananas comosus)

Daun tanaman nanas tidak mempunyai tulang daun dengan panjang daun bisa mencapai 90 cm tergantung dari jenis varietasnya dari tanaman. Letak daun nanas umumnya tegak agak ke atas dari bagian tengah batang. Ujung daunnya memanjang dan meruncing hingga pada ujungnya. Warna daun tanaman nanas berwarna hijau tua, merah tua bergaris, atau kemerahan tergantung jenis varietas yang ditanam.

Morfologi Bunga Nanas (Ananas comosus)

Tanaman nanas ini mempunyai morfologi berupa rangkaian bunga majemuk pada ujung batang tanaman. Bunga akan terbuka setiap hari dan jumlahnya kira-kira 5 hingga 10 kuntum. Pertumbuhan bunga ini dimulai dari bagian bawah menuju bagian atas dan memakan waktu antara 10 hingga 20 hari. Warna bunga nanas berwarna merah.

Morfologi Buah Nanas (Ananas comosus)

Tanaman nanas mempunyai buah yang majemuk yang terbentuk dari gabungan 100 hingga 200 bunga dan bentuknya bulat panjang. Putik pada bunga akan menjadi mata buah nanas setelah terjadi penyerbukan. Kulit buah mempunyai sisik sisik yang simetris dan pada ujung buah memiliki mahkota yang bisa sebagai perbanyakan tanaman. Ukuran, bentuk, rasa, dan warna dari buah nanas tergantung dari jenis varietas.

Demikian uraian singkat tentang Klasifikasi dan Morfologi Nanas (Ananas comosus), semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan terutama tentang tanaman nanas.

No comments

Post a Comment