Friday, June 16, 2017

Pengertian Salibu atau Turiang

Pengertian Salibu adalah Sistem pola penanaman tanaman padi generasi kedua atau tanaman yang sudah dipanen dengan perakaran, batang maupun... thumbnail 1 summary

Pengertian Salibu adalah Sistem pola penanaman tanaman padi generasi kedua atau tanaman yang sudah dipanen dengan perakaran, batang maupun anakan yang tumbuh sebelumnya berasal dari tanaman generasi pertama atau disebutnya dengan tanaman indukan. Salibu ini merupakan teknik budidaya tanaman padi yang dikenal sejak dulu, masyarakat daerah khususnya masyarakat Sunda menyebutnya dengan nama sistem penanaman Turiang.


Salibu atau Turiang
Sistem penanaman Salibu atau Turiang ini mempunyai keuntungan yang berbeda jika dibandingkan dengan sistem pola penanaman padi lainnya, adapun keuntungan dengan pola penananam Salibu atau Turiang ini diataranya lebih hemat, baik menghemat modal, tenaga kerja maupun waktu karena dengan menggunakan Sistem Salibu atau Turiang ini kita tidak perlu lagi melakukan pengolahan lahan dan penanaman kembali yang berbeda jika dibandingkan dengan pola penanaman konvensional.

Jika ingin menggunakan sistem pola penanaman padi Salibu atau Turiang ini harus memperhatikan beberapa syarat yang harus diperhatikan, adapun syarat-syarat untuk penanaman dengan menggunakan metode Salibu atau Turiang ini diantaranya adalah :

  1. Tanaman Indukan haruslah sehat
  2. Daerah penanaman bukan endemik Organisme Pengganggu Tanaman (OPT)
  3. Ketersediaan air yang cukup
  4. Kondisi lapangan tidak mengalami kekeringan terlalu lama
  5. Memiliki Drainase yang baik
  6. Kondisi air tanah pada saat dua minggu sebelum dan setelah panen sebaiknya pada kondisi kapasitas lembab.
Baca juga :
Syarat atau Hal-hal yang harus diperhatikan jika ingin mencoba Sistem penanaman Salibu atau Turiang

Demikian artikel singkat tentang pengertian pola penanaman Salibu atau Turiang, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan tentang pola penanaman tanaman padi khususnya penanaman dengan metode Salibu atau Turiang. Kunjungi terus Blog sampul pertanian karena masih banyak artikel menarik lainnya tentang pertanian, akhir kata salam pertanian.

No comments

Post a Comment