Saturday, June 10, 2017

Kelebihan dan Keuntungan Metode SRI (System of Rice Intensification)

Kelebihan dan Keuntungan Metode SRI ( System of Rice Intensification ) - SRI ( System of Rice Intensification ) merupakan sistem pola budi... thumbnail 1 summary

Kelebihan dan Keuntungan Metode SRI (System of Rice Intensification) - SRI (System of Rice Intensification) merupakan sistem pola budidaya tanaman padi yang dilakukan secara intesif baik dari pengelolaan pupuk, air, benih, sampai pada pengendalian hama dan penyakit.


Kelebihan dan Keuntungan Metode SRI (System of Rice Intensification)
Budidaya tanaman padi dengan menggunakan metode SRI (System of Rice Intensification) bertujuan mengembalikan struktur dan ekologis yang ada didalam tanah sehingga tanah kembali subur dan mikroorganisme yang ada didalamnya juga bisa berkembang dan bisa menyediakan nutrisi bagi tanaman.

Kelebihan dan keuntungan jika menggunakan metode SRI (System of Rice Intensification) ini cukup banyak baik bagi petani maupun bagi bagi lingkungan dan ekosistem disekitar sawah, dan lebih jauh lagi bagi kesehatan. Adapun kelebihan dan keuntungan menggunakan metode SRI (System of Rice Intensification) ini adalah sebagai berikut :

1. Irit dalam penggunaan benih

Penggunaan benih dalam SRI (System of Rice Intensification) ini cukup hemat jika dibandingkan dengan menggunakan metode pola budidaya pada umumnya yang petani lakukan, penggunaan benih untuk metode SRI ini menggunakan benih sebanyak 5-7 kg/ha jauh jika dibandingkan dengan pola tanam biasa yang membutuhkan benih 25kg/ha.

2. Meningkatkan jumlah anakan

dengan menggunakan metode SRI pertumbuhan anakan menjadi meningkat bisa mencapai dua kali lipat, dengan menggunakan bibit yang hanya 1 batang perlubang bisa tumbuh anakan sekitar 40 sampai 50 per rumpun tanaman padi, jika dibandingkan dengan konvensional yang hanya 17 sampai 24 anakan yang tumbuh.

3. Meningkatkan potensi hasil

Banyak yang meneliti metode SRI (System of Rice Intensification) ini karena dengan menggunakan metode SRI ini bisa membantu meningkatkan potensi hasil panen, potensi panen jika menggunakan metode SRI bisa mencapai 10 ton/ha tergantung pada pemeliharaan dan kebutuhan unsur hara yang tersedia.

4. Irit penggunaan pupuk kimia

Ini yang menjadikan SRI (System of Rice Intensification) ini baik untuk tanah dan ekosistem, karena penggunaan pupuk kimia yang dikurangi dan diganti dengan menggunakan pupuk organik baik pemupukan saat pengolahan maupun pemupukan pada umur-umur tanaman tertentu.

5. Baik untuk lingkungan (tanah, air dan udara)

SRI (System of Rice Intensification) ini baik bagi lingkungan terutama pada tanah, tanah yang semula asam karena terlalu seringnya penggunaan pupuk urea yang berlebihan dengan menggunakan metode SRI membantu tanah menjadi netral kembali karena dalam metode SRI ini menggunakan organik sebagai pengganti pupuk kimia yang diberikan

6. Meningkatkan rendemen beras

Jika metode SRI ini dilakukan secara berkelanjutan maka akan membantu meningkatkan kadar rendemen yang ada didalam beras, sehingga beras akan menjadi lebih kuat dan berbobot tinggi jika ditimbang dan tidak patah ketika digiling.

Demikian enam Kelebihan dan Keuntungan jika menggunakan Metode SRI (System of Rice Intensification), sebenarnya masih banyak keuntungan lainnya dari metode SRI ini, dengan banyaknya keuntungan dari metode ini diharapkan petani minimal mencoba untuk menggunakan metode SRI pada lahan pertaniannya, akhir kata kami ucapkan terima kasih.

No comments

Post a Comment