-->
e-RDKK (Elektronik-RDKK)

e-RDKK (Elektronik-RDKK)

Bagi Kelompok tani, Gapoktan dan Penyuluh lapangan mungkin tidak asing lagi dengan nama RDKK atau singkatan dari Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok, namun untuk e-RDKK atau Elektronik RDKK saya rasa masih tersa asing, artikel kali ini blog sampulpertanian akan sedikit meringkas apa itu e-RDKK dari berbagai sumber,


e-RDKK (Elektronik RDKK)
E-RDKK adalah singkatan dari Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan kelompok yang berbasis online untuk menginput datanya, dimana kebutuhan kelompok tani berupa pupuk direncanakan dan didata setiap petaninya untuk selanjutnya di input.

E-RDKK pada tahun 2018 harus sudah dilakukan penyusunan, penggunaan e-RDKK ini bisa mencegah penyalahgunaan pupuk bersubsidi karena dengan e-RDKK data mudah untuk dipantau dan bisa dimonitoring oleh pihak pemerintah sehingga penyaluran pupuk bersubsidi akan tersalurkan kepada petani yang benar-benar membutuhkannya.

Untuk mengisi data e-RDKK bisa melalui data SIMLUHTAN atau bisa juga dengan cara upload melalui excel, jika ingin mengupload melalui excel format nya harus sesuai dengan e-RDKK berikut adalah Format RDKK terbaru untuk di upload ke E-RDKK (klik disini).

Demikian ringkasan tentang e-RDKK semoga artikel ini bisa membantu terutama untuk pengisian data dari e-RDKK, terima kasih sudah berkunjung ke blog sampulpertanian, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Salam pertanian
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments