Saturday, May 27, 2017

Pengendalian dan Pencegahan hama Thrips (Thrips tabaci) pada tanaman Cabe

Pengendalian dan Pencegahan hama Thrips ( Thrips tabaci) pada tanaman Cabai - Untuk yang bergerak dibidang budidaya tanaman cabai mungkin... thumbnail 1 summary

Pengendalian dan Pencegahan hama Thrips (Thrips tabaci) pada tanaman Cabai - Untuk yang bergerak dibidang budidaya tanaman cabai mungkin tidak asing lagi dengan salahsatu nama hama yang satu ini, ya.. hama Thrips, hama Thrips merupakan hama yang berukuran sangat kecil dengan panjang dari hama tersebut sekitar 1-2mm dan lebar kurang dari 1 mm.


Pengendalian dan Pencegahan hama Thrips (Thrips tabaci) pada tanaman Cabe
Walaupun mempunyai ukuran yang sangat kecil, hama thrips dikategorikan hama yang sangat berbahaya, diketahui serangan hama ini sangat fatal. Hama ini menyerang tanaman cabe dengan cara menghisap cairan yang ada pada daun dan bunga tanaman sehingga daun menjadi kriting dan bunga akan mengalami kerontokan, serangan hama thrips bukan hanya menghisap cairan pada tanaman, ternyata hama thrips juga bisa menularkan virus pada tanaman cabai.

Untuk pengendalain hama thrips bisa menggunakan pestisida dengan bahan aktif abamectin, namun untuk virus yang ditularkannya sangat sulit untuk dikendalikan karena sampai sekarang masih belum ada pestisida yang secara efektif tuntas mengendalikan virus yang menyebabkan daun pada tanaman cabai tersebut menjadi kriting.

Untuk mengatasi keriting pada daun tanaman cabai bisa dengan cara pencegahan sejak awal, untuk mengetahui cara pencegahan hama thrips mari kita simak langkah-langkahnya menurut versi blog sampulpertanian:

  • Pembersihan gulma : Pembersihan gulma sangat penting karena bisa jadi gulma yang ada merupakan tumbuhan inang dari hama trips tersebut.
  • Melakukan Pencegahan : Lakukan pencegahan dengan cara penyemprotan pestisida berbahan aktif Abamectin secara teratur dan terjadwal misalkan setiap 1 minggu sekali.
  • cara dan Waktu Penyemprotan : Penyemprotan bisa dilakukan pada pagi hari sekitar jam 6 sampai jam 9 atau bisa dilakukan pada sore hari pada jam 4-6. Penyemprotan bisa dengan cara diarahkan ke bagian dalam daun karena hama thrips berada dibalik daun.
  • Memilih benih : Benih yang dipilih dianjurkan terbebas dari hama dan penyakit dari tanaman sebelumnya.
  • Menggunakan mulsa : Penggunaan mulsa hitam perak saat ini sangat dianjurkan, selain bisa menghambat pertumbuhan gulma penggunaan mulsa hitam perak juga cukup efektif mencegah hama.

Demikian artikel tentang pengendalian dan cara pencegahan hama thrips pada tanaman cabai, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengatehuan tentang cara pengendalian hama thrips. akhir kata kunjungi selalu blog sampul pertanian karena masih banyak info menarik lainnya. Terima kasih

No comments

Post a Comment