-->
7 Manfaat Terasering atau Sengkedan

7 Manfaat Terasering atau Sengkedan

7 Manfaat Terasering atau Sengkedan - Terasering atau sengkedan sering kita lihat didaerah-daerah pegunungan, terutama di lereng-lereng gunung. Terasering umumnya digunakan sebagai lahan pertanian oleh masyarakat disana namun sekarang terasering lebih digunakan sebagai konservasi lingkungan yakni dengan ditanami pohon-pohon untuk mencegah terjadinya erosi atau longsor.


Manfaat Terasering atau Sengkedan

1. Sebagai lahan konservasi

Terasering atau sengkedan bermanfaat untuk lahan konservasi, dengan ditanaminya pohon-pohon yang dapat menjaga lereng-lereng gunung sekaligus penghijauan atau peremajaan kembali lahan pegunungan.

2. Lahan pertanian

Didaerah pegunungan lereng-lereng gunung dibuat sengkedan dengan bertujuan menjadikan lereng gunung lebih produktif dengan dijadikannya lahan untuk bertani budidaya padi maupun budidaya palawija.

3. Mencegah longsor

Dengan dibuat lereng-lereng gunung terasering atau sengkedan, mencegah terjadinya longsor pada lereng sehing lereng pegunungan menjadi lebih stabil

4. Menambah resapan air.

Dengan dibuat sengkedan dapad menambah lahan resapan air karena lereng gunung yang curam diubah menjadi datar sehingga dapat membantu memaksimalkan penyerapan air.

5. Mengurangi tingkat kecuraman lereng

Dengan dibuat bertahap-tahap atau seperti tangga, terasering atau sengkedan dapat mengurani tingkat kecuraman pada lereng pegunungan.

6. Memperlambat kecepatan air

Dimusim penghujan, kecepatan air dilereng mengakibatkan terjadinya erosi pada lereng pegunungan, sehingga sering sekali terjadi longsor pada lereng pegunungan, dengan dibuat terasering atau sengkedan dapat memperlambat kecepatan air pada saat hujan terjadi.

7. Dapat dijadikan lahan datar

Sulitnya mencari lahan datar didaerah pegunungan untuk dijadikan sarana kemasyrakatan seperti pembangunan perumahan, lapang maupun tempat ibadah, dengan menggunakan terasering atau sengkedan dapat mengurangi kemiringan pada daerah pegunungan.

Demikian 7 manfaat dari terasering atau sengkedang bagi kehidupan manusia terutama bagi lahan pertanian. semoga artikel ini bermanfaat.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments