Monday, December 19, 2016

Babadotan (Ageratum conyzoides L) obat untuk luka

Babadotan atau dalam bahasa ilmiah disebut  Ageratum conyzoides L  mempunyai banyak sebutan untuk didaerah-daerah Indonesia seperti contoh... thumbnail 1 summary

Babadotan atau dalam bahasa ilmiah disebut Ageratum conyzoides L mempunyai banyak sebutan untuk didaerah-daerah Indonesia seperti contoh di daerah Madura disebut Dus bedusan sedangkan untuk didaerah Jawa disebut bandotan.


Babadotan (Ageratum conyzoides L) obat untuk luka

Babadotan digolongkan dalam gulma dalam budidaya tanaman. namun selain disebut gulma yang merugikan babadotanpun memnyai manfaat bagi kehidupan manusia yaitu dengan dijadikannya babadotan sebagai obat disaat kita luka.

Dengan kandungan kimia yang ada didalam babadotan seperti saponi, flavonoida, dan felifenol sangat membantu dalam kebutuhan bagi manusia yakni untuk menahan sejumlah mikroba patogen termasuk beberapa bakteri, virus dan jamur.

Untuk menjadikannya babadotan atau bandotan sebagai obat luka adalah dengan cara sebagai berikut, terlebh dahulu kita siapkan daun babadotan kurang lebih sebanyak 5-10 gram yang segar, kemudian daun babadotan tadi dicuci hingga bersih terbebas dari tanah atau pasir yang menempel. setelah dirasa bersih, tumbuk daun babadotan tadi sampai lumat dan mengeluarkan getahnya, setelah itu tempelkan hasil tumbukan daun babadotan tadi pada luka dan kemudian dibalut.

Daun babadotan membantu untuk proses pengeriangan pada luka, namun jika luka tidak kunjun membaik, bawalah ke rumah sakit atau dokter spesialis untuk mendapakan penanganan selanjutnya.

No comments

Post a Comment