Wednesday, October 12, 2016

Manfaat dan khasiat sirih cina (Peperomia pellucida)

Sirih cina atau sering di sebut dengan ketumpang air adalah jenis Tumbuhan ini biasanya disebut dengan Gulma, dikarenakan sirih cina ata... thumbnail 1 summary

Sirih cina atau sering di sebut dengan ketumpang air adalah jenis Tumbuhan ini biasanya disebut dengan Gulma, dikarenakan sirih cina atau ketumpang ini tumbuh di pematang sawah atau di tempat-tempat lembab yang mengandung air. 





Terkadang sirih cina juga tumbuh disekitar rumah kita.
Sirih cina / ketumpang air
Sirih cina yang mempunyai nama ilmiah Peperomia pellucida ini sering disebut dengan sirih cina dikarenakan daunnya berbentuk seperti daun sirih namun bentuknya lebih kecil dan lebih tebal serta berair dengan tekstur lunak, mempunyai perakaran yang dangkal dan batangnya sekulen (berair), berwarna cerah. Tinggi tumbuhan ini sekitar 15 cm sampai 45 cm.

Ketidak tahuan kita akan manfaat dari sirih cina ini teradang kita hanya mencabut dan terus membuangnya begitu saja, namun tahu kah anda banyak khasiat dari tumbuhan ini. Banyak artikel yang membahas khasiat sirih cina.

Khasiat sirih cina diantaranya bisa sebagai pencegah flu dab batuk, diare bahkan untuk membantu menurun tekanan darah tinggi.  Di beberapa artikel juga  menyebutkan khasiat sirih cina ini bisa mengobati rematik dan asam urat serta penyakit kulit seperti jerawat dan bisul bahkan kulit melepuh pada kulit karena mengandung anti bakteri.

Baca juga : Morfologi Sirih cina atau Ketumpang air (Peperomia pellucida)

Sirih cina bisa dikonsumsi bisa dengan cara meminum rebusan, di jus atau sebagai lalapan teman makan. Adapun cara membuat rebusan sirih cina dengan menyiapkan sirih cina kira-kira segenggam tangan orang dewasa dengan direbus air sebanyak 2 (dua) gelas air. Rebus sirih cina selama 15-20 menit. Rebusan sirih cina ini dipercaya  mengobati asam urat atau encok.

Rasanya cenderung hambar namun dingin ketika dimakan menjadikannya lebih enak dikonsumsi sirih cina atau ketumpang air ini sebagai lalapan sebagai teman waktu makan Dengan di coelkan pada sambal bisa menambah selera makan.

Didaerah-daerah tertentu, sirih cina atau ketumpang  sering dijadikan bahan untuk pengobatan tradisional, yakni untuk pengobatan bengkak pada lengan dan kaki, jerawat, pegal-pegal dan sakit sendi yang diakibatkan rematik, bahkan di eropa biji dari tumbuhan ini di pasarkan secara komersil untuk dijadikan obat herbal.

No comments

Post a Comment