Monday, October 17, 2016

Cara membuat benih Mentimun sendiri

Mentimun (Cucumis sativus L) atau orang sunda menyebutnya dengan sebutan bonteng adalah salah satu jenis sayuran dari keluarga Cucurbitec... thumbnail 1 summary

Mentimun (Cucumis sativus L) atau orang sunda menyebutnya dengan sebutan bonteng adalah salah satu jenis sayuran dari keluarga Cucurbiteceae atau sering disebut jenis labu Labuan yang dapat dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan atau bisa menjadi bahan baku olahan makanan seperti acar.


Membuat Benih mentimun sendiri
Dalam keberhasilan budidaya Mentimun (Cucumis sativus L) banyak factor yang harus dipenuhi salah satunya factor pemilihan benih, jika benih yang disemai bagus maka pertumbuhan tanaman mentimun juga kemungkinan bisa bagus baik untuk pertumbuhan tanaman ataupun hasil atau panen yang diharapkan.

Kali ini blog sampulpertanian.com akan membahas cara membuat benih Mentimun (Cucumis sativus L) sendiri dengan sederhana. Dikatakan sederhana karena bahan dan alat yang harus disediakan berada disekitar kita. Untuk mendapatkan hasil tanaman bagus baik secara pertumbuhan atau hasil. Maka kita harus memilih bibit mentimun atau bonteng yang bagus juga. Dengan dilihat dari fisik dan bentuk mentimun itu sendiri.

Baik kita mulai membahas cara membuat benih Mentimun (Cucumis sativus L) nya. Pertama tama kita harus menyiapkan alat, adapun alat yang harus disediakan adalah:
1. Pisau
2. Sendok 
3. Wadah untuk penyimpanan benih

Setelah alat disiapkan, sekarang kita menyiapkan calon benih Mentimun (Cucumis sativus L). untuk memilih calon benih Mentimun kita harus memilih Mentimun yang besar, paling tua (matang) dan bentuk fisik tidak terserang hama maupun penyakit.
Setelah alat dan bahan tersedia kita mulai membuat benihnya :

Langkah 1.
Buah mentimun yang akan dijadikan benih dibelah menjadi 2 (dua) bagian, untuk mempermudah memisahkan biji/benih yang menempel pada daging mentimun, kemudian biji mentimun di pisahkan dari daging mentimun dengan cara di kerok dengan menggunakan sendok.

Langkah 2.
Biji mentimun tadi seleksi yang terbaik untuk dijadikan benih, karena factor ini akan menentukan kualitas benih yang akan dihasilkan. Setelah merasa sudah dipisahkan dan diseleksi, biji tadi di simpan dalam wadah, biasanya penulis menggunakan Nampan untuk menyimpannya.

Langkah 3.
Lakukan penjemuran, biji mentimun yang sudah diseleksi tadi dijemur dibawah sinar matahari agar bertujuan untuk mengeringkankan dan merangsang daya tumbuh pada biji mentimun. Setelah dirasa biji mentimun kering, maka biji mentimun sudah siap menjadi benih dan siap untuk ditanam kembali.

Untuk pembuatan benih Mentimun (Cucumis sativus L) sendiri mudah bukan? Dengan bisa membuat benih secara sendiri dapat mengurangi biaya budidaya untuk pembelian benih dan tentunya asal varietas dari benih itu sendiri dapat diketahui perkiraan pertumbuhan dan hasil yang akan didapatnya.

10 comments

  1. Mau coba, kebetulan di sekolah belajar keterampilan pertanian. Lumayan, Mentimun salah satu varietas yang baik di pasaran

    ReplyDelete
  2. keren gan... ente anak pertanian ya..
    hihi

    ReplyDelete
  3. wih..., keren gan...
    oh ya..., kalau apel cara budidayanya gimana ya...?

    ReplyDelete
  4. Biasanya buat rujak, baunya hummmm... sugera

    ReplyDelete
  5. bermanfaat gan, barangkali nanti bisa jadi pengusaha mentimun ya

    ReplyDelete
  6. ohh jadi gitu ya gan caranya, boleh di coba nih :D

    ReplyDelete
  7. Thanks atas informasinya.

    #Blogwalking http://goprosehat.blogspot.co.id/

    ReplyDelete