Cara mudah menanam lidah buaya (Aloe vera)

Cara mudah menanam lidah buaya (Aloe vera)

Lidah buaya atau tumbuhan yang mempunyai nama ilmiah Aloe vera ini sangat banyak manfaatnya, selain untuk kecantikan dan perawatan rambut lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan dalam lidah buaya sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Lidah buaya (Aloe vera)
Dengan banyaknya manfaat dari lidah buaya, kenapa kita tidak mencoba menanam nya disekitar pekarangan, selain dijadikan hiasan taman atau pekarangan lidah buaya juga bisa dijadikan sebagai tanaman yang berguna untuk kita.

Penanaman Lidah buaya cenderung mudah, kenapa dikatakan mudah, karena lidah buaya bisa tumbuh ditanah jenis apapun, dan perawatannya juga tidak terlalu sulit cukup hanya menyiran dan pemupukan saja.

Sebelum dilakukan penanaman lidah buaya, pertama tama kita menyiapkan alat untuk penanamannya. adapun cara nya sebagai berikut :


Langkah 1

Siapkan alat yang diperlukan, berupa cangkul, sekop kecil dan beberapa alat pndukung lainnya



Langkah 2

Siapkan media tanam, langkah ini tergantung kita akan menanam lidah buaya dimana, bisa di pekarangan secara langsung ataupun ditanam menggunakan Pot atau Polybag. adapun perbandingan media tanam dalam penanaman lidah buaya adalah sebagai berikut, 2:1:1 yaitu 2 tanah, 1 pasir, 1 pupuk organik.

Langkah 3

Setelah disiapkan media tanam, ambil anakan atau bibit lidah buaya yang ditanam beserta akarnya, dalam proses ini perlu hati-hati agar akar pada anakan lidah buaya tidak putus.

Penanaman lidah buaya dilakukan jangan terlalu dalam dikarenakan akar pada anakan akan membusuk sehingga anakan lidah buaya tidak dapat tumbuh sedangkan sebaliknya, penanaman jangan terlalu dangkal juga dikarenakan jika terlalu dangkar tanaman akan rebah sehingga pertumbuhan lidah buaya terhambat.

Tambahan

Perwatan lidah buaya (Aloe vera) tidak sulit hanya menyiram dan penyiangan jika terdapat gulma dan untuk pemupukan lidah buaya bisa menggunakan pupuk NPK dengan takaran 2 sampai 3 gram per tanaman dilakukan setiap 2 Minggu sekali.

Pemanenan lidah buaya biasanya dipanen setelah tanaman lidah buaya berumur 6 bulan atau dari fisik terlihat daun lidah buaya sudah besar dan siap dipanen.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

20 comments

Wah mantep gan ilmunya sangat berguna manfaat juga buat petani

Balas

bisa prktekin ini, bagus juga buat merawat rambut kunjungi balik gan http://informasidiary.blogspot.com

Balas

Manfaat minyak sereh : https://goo.gl/TerFKH

Balas

bagun buat coba samping rumah hehe

Balas

pekarangan biar hijau gan... :D

Balas

artikel yg mencerahkan bagi pemula yg ingin mencoba menanam lidah buaya..

Balas

ternyata ga sulit sulit amat :)

Balas

saya sudah tanam lidah buaya hampir 3 bulan segitu gitu aja gan,apa karena kurang sinar matahari,soalnya nanamnya di belakang rumah.

Balas

tanem di belakang rumah mantep nih gan :D
thanks infonya :D

Balas

wah tinggal nyoba praktek dah

Balas

Lidah buaya bagus u/ kesehatan rambut & juga obat panas dalam (y)

Balas

Thanks atas informasinya.

#Blogwalking http://goprosehat.blogspot.co.id/

Balas

min kata nya lidah buaya bagus buat rambut ya?? bisa gk buat bikin rambut ku jadi lembut dan halus, ???

Balas