-->
Gejala tanaman kekurangan unsur hara Nitrogen (Urea)

Gejala tanaman kekurangan unsur hara Nitrogen (Urea)

Jika tanaman padi kekurangan urea - Bagi petani pupuk urea merupakan nyawanya bertani, bahkan jika kekurangan pupuk urea petani bisa mencari pupuk nonsubsidi yang tentunya mempunyai harga yang lebih mahal.

Bagan Warna Daun (BWD)


Pupuk Urea adalah pupuk kimia yang mengandung Nitrogen (N) berkadar tinggi. Unsur Nitrogen merupakan zat hara yang sangat diperlukan tanaman tanaman padi. Pupuk Urea berbentuk butir-butir kristal berwarna putih, dengan rumus kimia NH2 CONH2, diantara banyaknya manfaat dari pupuk urea adalah mempercepat pertumbuhan tanaman (tinggi, jumlah anakan, cabang dan lain-lain).


lantas gejala apa yang ditimbulkan dari kukurangan unsur N pada tanaman? blog sampul pertanian merangkum beberapa gejala jika tanaman kurang unsur N, diantaranya, 

  1. Mempunyai berwarna pucat kekuning-kuningan pada daun
  2. Jika keadaan yang mengkhawatirkan terjadi kekeringan pada daun dimulai dari daun bagian bawah terus merambat kebagian atas
  3. Pertumbuhan tanaman terganggu sehingga lambat bahkan kerdil
  4. Dalam masa Perkembangan buah menjadi tidak sempurna atau tidak baik, sering kali buah masak sebelum waktunya atau tidak serempak.


Demikian gejala yang dituimbulkan jika tanaman padi kekurangan unsur hara N atau Urea, dengan gejala-gejala tersebut diatas diharapkan ketersediaan pupuk urea di kios-kios pertanian tercukupi sehingga untuk mencapai swasembada beras disesuai target dan tepat waktu.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments