-->
DAMPAK BURUK PENGGUNAAN PUPUK KIMIA

DAMPAK BURUK PENGGUNAAN PUPUK KIMIA

Dampak Buruk Penggunaan Pupuk Kimia - Kita mengenal pupuk organik dan pupuk non-organik atau kimia. umumnya Pupuk organik terbuat dari kotoran hewan, pupuk hijau dan kompos sedangkan pupuk non organik atau pupuk kimia dibuat oleh penggabungan zat-zat kimia.


Pemupukan



Ditahun 1970-an pupuk kimia mulai diperkenalkan ke Indonesia dengan tujuan untuk menggenjot hasil produksi dan produktivitas dari tanaman, dengan efek yang instan sehingga para petani mulai menggunakannya bertahap dan sampai sekarang menjadi seolah kecanduan pupuk kimia bahkan negara memberikan subsidi untuk pupuk kimia tersebut.

Seiring seringnya penggunaan pupuk kimia tentunya ada dampak buruk yang dirasakan, berikut ini beberapa dampak buruk yang ditimbulkan oleh pupuk kimia terhadap alam dan tanaman.

Dampak Pada Tanah


Pupuk kimia yang digunakan terus menerus diaplikasikan ke tanaman akan menggangu atau bahkan mempercepat hilangnya zat-zat organik dan kesimbangan zat makanan di dalam tanah yang akhirnya menimbulkan bermacam penyakit pada tanaman. Unsur zat hara yang ada dalam tanah akan diikat oleh molekul-molekul kimiawi sehingga regenerasi humus tidak bisa dilakukan lagi sehingga daya tahan tanah atau daya dukung tanah berkurang dan yang nantinya tanah menjadi tandus.

Tanah yang telah tercemari pupuk kimia bisa berdampak langsung pada manusia karena zat beracun atau berbahaya bercampur dengan air dan tanah yang bersentuhan dengan manusia.

Beberapa kondisi tanah setelah penggunaan pupuk kimia
  1. Mikroorganisme tanah akan hilang perlahan
  2. Tanah menjadi tidak gembur atau menjadi keras
  3. Residu pestisida dan insektisida akan banyak tertinggal dalam tanah
  4. pH tanah menjadi tidak seimbang

Dampak Pada Ekosistem


Pencemaran tanah oleh pupuk kimia berdampak besar terhadap lingkungan sekitar. Dampak pupuk kimia menyebabkan perubahan metabolisme dari mikroorganisme endemik dan antropoda yang hidup di lingkungan tanah tersebut. akibatnya Beberapa spesies dan rantai makanan yang hidup disekitar tanah terkena pupuk kimia menjadi musnah dan pada pertanian terjadi perubahan metabolism tanaman yang menurunkan hasil produksi.

Beberapa dampak lainnya adalah
  1. Tercemarnya air
  2. Pencemaran udara seperti emisi metana dari lahan pertanian.
  3. Perubahan iklim, dan lain sebagainya.

Dampak Pada Kesehatan


Hasil produksi tanaman yang telah tercemari pupuk kimia sangat berbahaya dikonsumsi oleh manusia. Beberapa dampak penggunaan pupuk kimia pada tanah, sebagai berikut
  1. Zat timbal berbahaya dapat merusak otak dan kerusakan ginjal.
  2. Zat merkuri dan siklidiena dapat menyebabkan kerusakan ginjal parah.
  3. Organofosfat dan karmabat dapat menyebabkan gangguan saraf otot.
  4. Pelarut yang mengandung klorin mengganggu pada hati dan ginjal serta penurunan sistem saraf pusat dan yang jelas tingkat penyebab kematian tinggi.

Jika menelisik lebih jauh tentang penggunaan pupuk kimia akan menghancurkan sistem pertanian berkelanjutan. karena akan menimbulkan kerusakan terhadap tanah, ekosistem dan kesehatan menjadi alasan utama petani untuk meninggalkannya
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments