Manfaat pemberian kapur pada tanah masam

Manfaat pemberian kapur pada tanah masam

Manfaat pemberian kapur
Sudah kita ketahui bahwa pH dalam tanah itu terbagi tiga bagian yakni masam, basa dan netral. Umumnya sifat tanah yang bagus untuk ditanamami adalah dalam kondisi netral yakni kisaran di angka 7, dari jumlah ank ph tanah 14. jika kurang dari 7 ph tanah dikatakan masam sedangkan jika lebih dari 7 bisa di artikan ph tanah basa.

lantas apakah yang terjadi jika tanah yang memiliki ph masam dipksakan untuk ditanami, salahsatu pengaruhnya yakni tidak optimalnya hasil yang diperoleh dari tanmaan tersebut. salahsatu langkah yang bisa dilakukan agar tanah tidak menjadi masam yakni dengan cara pengapuran atau pemberian kapur.

Dengan menggunakan kapur pertanian sebelum tanam dapat membawa pengaruh baik bagi pH tanah dari awalnya asam bias mendekati ke Ph netral atau bahkan bisa netral, dengan kondisi yang demikian dapat meningkatkan aktivitas organism-organisme yang ada didalam tanah tentunya bisa memperbaiki struktur tanah itu sendiri. Adapun manfaat lain dengan pemberian kapur pada tanah adalah sebagai berikut:
  • Dapat meningkatkan sifat fisik, kimia dan biologi tanah
  • Memfiksasi nitrogen bisa lebih baik dengan tanaman kacang-kacangan
  • Meningkatkan ketersediaan nutrisi yang ada didalam tanah bagi tanaman
  • Mengurangi toksisitas (racun) di dalam tanah pertanian
  • Dapat meningkatkan efektivitas penggunaan pupuk-pupuk organik
  • Dapat memasok kebutuhan unsur kalsium, magnesium dan mineral lain untuk tanaman yang sebelumnya kurang didapat didalam tanah
  • Memperbaiki masalah ph tanah dari tingkat masam ke netral

Selain dari itu dengan pemberian kapur pada tanah struktur tanah menjadi gembur sehingga perakaran cenderung merambat lebih luas. Demikian artikel tentang manfaat pemberian kapur bagi tanah masam semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan terutama tentang pemberian kapur dalam bidang pertanian

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments